Danau Sebedang Menikmati Pesona Danau dan Perbukitan di Kalimantan Barat

0 71

Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat memiliki sebuah danau yang masih alami. Danau ini dinamakan Danau Sebedang, yang memiliki panorama alam yang sangat indah dan menawan. Danau yang berlokasi di Desa Sebedang, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat ini merupakan tujuan wisata yang sangat menarik bagi anda serta keluarga.

 

Luas danau ini mencapai 1 kilometer persegi yang dikelilingi oleh perbukitan yang sangat mempesona dengan ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut. Dan sebagian lainnya merupakan hutan kayu belian. Pemandangan danau yang indah serta air danau yang sangat bening menjadi kebanggaan dari tempat ini. Tidak hanya dapat menikmati danau dari pinggir, anda juga dapat mengeksploitasi keindahan danau langsung dengan mengendarai perahu / sampan untuk berkeliling didaerah danau bersama keluarga. Tentu hal ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi anda dan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan ataupun libur panjang.

Danau Sebedang sebenarnya sangat dalam bahkan mencapai lebih dari 100 meter untuk bagian yang terdalam, kemudian panjangnya mencapai 1 kilometer, dengan lebar kira-kira 200-250 meter. Sebagian pengunjung yang datang tidak hanya berniat menikmati kepermaian alamnya, tetapi ada yang menikmati kesejukan air danau dengan berenang dan ada juga yang menyalurkan hobi memancingnya, karena danau ini merupakan rumah bagi banyak ikan dan hasil pancingan bisa langsung dibakar dan nikmati di tepian Danau Sebedang.

Berbagai perlengkapan memancing, berenang dan lain sebagainya sudah tersedia dan dapat Anda sewa dengan harga yang terjangkau. Jadi Anda tak perlu khawatir untuk memancing ikan sambil menikmati keindahan dan kesejukan danau ini. Tapi ada juga pengunjung yang suka menikmati dengan cara yang lebih extreme lagi yaitu dengan naik ke bukit-bukit yang berada di pinggiran danau tersebut. Selain itu, keelokkan danau ini juga dapat dinikmati pengunjung dengan bersantai di shelter-shelter yang tersedia, atau sambil duduk lesehan di atas tikar yang disewakan.

Pada sore hari, eksotisme kawasan Danau Sebedang kian tampak dan kian terasa. Bagi Anda yang mendatangi danau pada malam hari tidak perlu khawatir akan kesepian. Karena semakin malam, semakin banyak pengunjung yang datang. Dan, suasananya bertambah semarak dan hidup dengan iringan suara musik keras yang berasal dari kafe-kafe di kawasan tersebut. Bagi Anda yang kemalaman dapat menginap di losmen-losmen yang banyak terdapat di kawasan sekitar danau. Areal camping ground yang luas dan aman dapat digunakan pengunjung yang berhasrat menikmati suasana kawasan ini pada malam hari.

Di sini, juga tersedia persewaan tenda dan tikar, sehingga pengunjung tidak perlu repot-repot membawa perlengkapan berkemah. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat pusat informasi pariwisata, sentra oleh-oleh dan cinderamata, kios wartel, voucher isi ulang pulsa, dan toilet. Konon, danau yang menjadi sumber air bersih bagi penduduk beberapa kecamatan di Sambas dan juga menyimpan berbagai kekayaan ekosistem ini, dahulunya merupakan salah satu tempat istirahat favorit bagi para sultan Sambas beserta keluarga mereka.

Selain itu terdapat satu cerita rakyat tentang seorang pangeran di Danau ini mungkin sudah sebagaian masyarakat kalbar sudah tidak asing dengan cerita ini. Diceritakan seorang pangeran bernama Bujang Nadi Dare Nang Dung yang merupakan seorang putra dari Raja Sambas, Bujang Nadi Dare Nang Dung berjuluk Tan Unggal karena giginya yang hanya satu (tunggal) yang mempunyai cerita cinta terlarang. Bujang Nadi Dare Nang Dung menjalin cinta dengan saudara sedarah, dan akhirnya membuat Nadi Dare Nang Dung harus dihukuman di kubur hidup-hidup di sekitar Danau Sebedang.

Kawasan wisata Danau Sebedang ini mudah di jangkau karena berada tidak jauh dari jalan utama menuju kota Sambas. Danau ini berjarak sekitar 12 km dari Kota Sambas. Kondisi jalanan menuju Danau Sebedang telah beraspal dan halus, sehingga dapat dengan mudah dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-barat/danau-sebedang-menikmati-pesona-danau-dan-perbukitan-di-kalimantan-barat.html
Comments
Loading...