Danau Sabuah, di Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah

0 95

Danau Sabuah

Danau Sabuah terdapat di desa Tuwung, Kecamatan Kahayan Tengah ,Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah. Luas area danau ini Panjang : 4.700 m; dan Lebar : 200 m, kondisi danau saat ini terdiri dari danau, hutan, rotan dan pemukiman penduduk. 

Jarak dari ibu kota Kecamatan Kahayan Tengah ( Bukit Rawi ) + 3 km letak danau ini cukup strategis yaitu berada dijalan lintas provinsi dan Jarak tempuh tempuh dari Kota Palangka Raya ke lokasi danau hanya berjarak +7 km. Melalui jalan darat dapat ditempuh sekitar 20 menit. 

Danau ini pernah dikelola sebagai objek wisata oleh pihak swasta, namun saat ini belum mendapat perhatian serius dari pihak pengelola. Peninggalan yang masih ada disana yaitu : terdapat gasibo 3 (tiga) buah, 2 (dua) buah rakit, wc, 1(satu) bangunan tempat berjualan, duck boat 6(enam) buah, dll. 

Keadaan danau ini masih alami, indah dan hanya dipakai oleh penduduk desa tuwung sebagai tempat mendapatkan mata pencaharian (mencari ikan) dan juga sebagai sarana transpotrasi untuk menuju ke lokasi tertentu. 

Hasil gambar untuk Danau Sabuah, di Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah

Danau Sabuah sangat potensial untuk dikembangkan, karena tempatnya sangat strategis yaitu berada di pinggir jalan Raya yang menghubungkan Palangka Raya dengan Kabupaten Gunung Mas.  Kehidupan masyarakat disekitarnya masih sangat kental dengan tradisi, sehingga berbagai tradisi dan adat istiadat setempat sangat berpotensi untuk menarik semangat wisatawan.

Source https://budparpulpis.wordpress.com https://budparpulpis.wordpress.com/2015/04/15/danau-sabuah-2/
Comments
Loading...