Danau Ranau, Destinasi Wisata Alam Lampung Barat

0 25

Danau Ranau

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua yang ada di Sumatera setelah Danau Toba, dengan luas sekitar 125,9 km. Berlokasi di perbatasan Kabupaten Lampung Barat, Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (Oku) Selatan, ternyata danau ini juga dikelilingi perbukitan dan lembah. Untuk sampai ke lokasi, traveler harus menempuh jarak sekitar 330 KM atau 8,5 jam perjalanan darat dari kota Palembang. Selama perjalanan, kita akan melintasi perkebunan dan menikmati suasana pedesaan yang asri. Perairan sungai Musi yang membentang luas juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri selama perjalanan.

Setelah lama menempuh perjalanan, kita akan tiba di Kota Baturaja, pusat pemerintahan Kabupaten Ogan Komering Ulu (Oku). Untuk sampai ke lokasi, bisa melalui kota ini atau mutar dari Oku Timur melintasi Kota Martapura dan menuju pusat Kota Oku Selatan, Muaradua. Jika telah sampai di Muaradua, itu artinya perjalanan kita sudah tidak jauh lagi dan bisa langsung menuju ke wisma Pusri yang ada di sekitar Danau Ranau untuk sekedar istirahat dan meletakan barang-barang bawaan. Wisma Pusri merupakan salah satu spot foto yang instagramable dan menjadi tempat penginapan favorit traveler yang berkunjung.

Cukup berjalan sedikit ke arah danau, kita dapat menikmati berbagai keindahan alam dan wisata air, serta anak-anak yang sedang bermain di sekitar tepi danau. Lelah selama perjalanan akan hilang seketika melihat indahnya pesona alam yang menjadi pusat tujuan wisatawan asal Sumsel dan Lampung ini. Suasana yang tenang dan jauh dari hiruk-pikuk kehidupan di kota, menambah kenyamanan saat berlibur dengan meninggalkan sedikit pekerjaan yang telah menumpuk di kantor. Air yang tenang dan berlatar Gunung Seminung, menjadikan danau ini destinasi wisata yang sangat indah dan tidak kalah cantik dengan Danau Toba di Sumatera Utara.

Traveler dapat mengelilingi danau menuju pemandian air panas alami di bawah kaki gunung, atau bermain ke Pulau Marisa di tengah danau menggunakan kapal sewaan. Harganya cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 300 ribu saja dan dapat membawa beberapa sahabat dan keluarga. Dilanjutkan Rafita, saat perut mulai keroncongan setelah mengelilingi danau dan menikmati wisata air, traveler dapat dengan mudah menemukan tempat makan di sekeliling danau. Ada Ikan Mujair khas yang hidup di Danau Ranau, tentunya rasa ikan ini sangat berbeda dariIikan Mujair lain dan tidak akan ditemukan selain di Danau Ranau.

Untuk menambah kesegaran, cukup memesan jus alpukat saja sebagai teman makan siang. Alpukat merupakan buah segar yang menjadi salah satu penghasilan warga sekitar dan menjadi oleh-oleh dari Oku Selatan selain gula aren. “Untuk oleh-oleh itu banyak kerajinan tangan yang ada di Oku Selatan dan dijual di sekeliling danau. Kalau untuk buah itu ada alpukat dan gula aren murni, bisa juga membawa Ikan Mujair karena ikan ini rasanya manis dan beda dengan ikan lainnya. Agar dapat menikmati indahnya pesona alam di Danau Ranau dan tidak menyesal saat pulang sebelum menjalani aktifitas sehari-hari, traveler memang sebaiknya harus menginap. Setelah puas, barulah kembali bekerja sembari menunggu libur tahun baru untuk kembali datang ke Danau Ranau.

Source https://travel.detik.com https://travel.detik.com/domestic-destination/d-3773820/weekend-di-palembang-yuk-main-ke-danau-ranau
Comments
Loading...