Danau Rana Tonjong, Di Manggarai Timur

0 156

Danau Rana Tonjong

Danau Rana Tonjong merupakan danau teratai raksasa terbesar kedua setelah Danau Lotus yang ada di India. Danau ini memiliki luas sekitar 2,5 hektar dengan 2,2 hektar wilayahnya tertutup teratai dan memiliki keunikan dengan adanya teratai raksasa Victoria Amazonica yang tumbuh.

Danau Rana Tonjong terletak di Kelurahan Pota, Kecamatan Sambirampas, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur yang berjarak sekitar 90 km dari Ruteng dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat menggunakan kendaraan bermotor selama 4 jam. Sedangkan dari Pota, danau ini hanya berjarak sekitar 2,5 km dan dapat dicapai dengan waktu 10 menit saja.

Penamaan danau yang kabarnya telah berusia ratusan tahun ini diambil dari dialek Manggarai Timur yang terdiri dari kata rana yang berarti danau dan tonjong yang berarti lotus. Menurut informasi, pada tahun 1990-an seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman pernah melakukan penelitian di Danau Rana Tonjong dan menyimpulkan bahwa bunga teratai di sana merupakan fenomena unik dan langka yang hanya ditemukan di 2 tempat lainnya yaitu di Australia Utara dan India. Bunga teratai di Danau Rana Tonjong hanya berbunga pada bulan April hingga Mei.

Selain dipenuhi teratai, danau ini juga menjadi habitat bagi hewan air seperti katak, ikan air tawar, dan angsa putih yang mencari makan. Tak hanya indah untuk dipandang, ternyata bunga teratai di sini juga menghasilkan biji-bijian setelah bunga bermekaran, biji-bijian tersebut berukuran sebesar kacang tanah dan dapat dimakan setelah dimasak yang memiliki rasa seperti kacang tanah. Bila teratai pada umumnya berdiameter sekitar 5-10 cm, di Danau Rana Tonjong Anda dapat menemukan bunga teratai yang berdiameter hingga 30 cm dengan tinggi batang mencapai 3 meter.

Source http://kabarrakyat.co http://kabarrakyat.co/2015/04/14677/danau-rana-tonjong-danau-teratai-terbesar-kedua-di-dunia-ada-di-flores/
Comments
Loading...