Danau Ninivala, Maluku

0 35

Danau Ninivala

Danau Ninivala terletak di Desa Piliana, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku. Danau Ninivala, yang terbentuk secara alami ini dipercaya sebagai Air Jodoh menurut masyarakat setempat yang di simbolkan melalui dua buah pohon yang hidup di dalam genangan air terus-menerus di tengah-tengah danau.

 

Jika Anda berlibur ke Maluku, maka sempatkanlah berkunjung ke Pulau Seram dan temukan sebuah danau indah yang tampak ajaib karena mengepulkan asap dan juga bergelembung. Punya sumber air bawah tanah menyebabkan Danau Ninivala yang tepatnya berada di Desa Piliana ini mengeluarkan bentuk gelembung pada airnya. Juga, embun air dari percikan yang bertemu panas pada akhirnya berbentuk seperti asap.

Desa Piliana memiliki ketinggian 1.280 meter (dpl) yang diidentikkan sebagai “Desa di Atas Awan”. Pesona alamnya sangat menarik. Letaknya yang cukup tinggi menyebabkan hampir setiap hari kawasan ini disapu awan-awan tebal. Mungkin karena letaknya, Piliana juga disebut sebagai Pilianika yang dalam bahasa setempat berarti ‘terang’. Setelah sampai di Desa Piliana maka anda harus minta izin terlebih dahulu pada tokoh masyarakat setempat apabila anda ingin mengunjugi Danau Ninivala.

Untuk menujuh Danau Ninivala dapat ditempuh dengan berjalan kaki kurang dari setengah jam dari pemukiman Desa Piliana. Untuk mencapai lokasi ini, kita melewati jalur setapak yang diapit semak-semak dan beberapa sungai yang arusnya cukup  deras. Saat tiba di lokasi, terlihat pemandangan yang sangat menakjubkan. Jalur yang dikelilingi semak ternyata dapat mengantarkan ke danau kecil yang memiliki keindahan yang sangat luar biasa.

Tidak seperti danau lain yang permukaan airnya tampak tenang, air Danau Ninivala bergelembung dan dipenuhi asap. Airnya berwarna biru jernih dan karena belum banyak yang menjamahnya, danau ini masih terasa begitu asli. Danau Ninivala pun langsung menyuguhkan bagaimana indahnya pemandangan alam yang sangat eksotis. Sehingga siapapun yang berkunjung akan merasa betah dan ingin kembali berkunjung ke Danau Ninivala. Malahan, sebuah mitos masyarakat setempat berkembang, siapapun yang mandi di sana lalu memikirkan sang pacar, maka dia akan berjodoh.

Di pinggir atas danau telah dibangun beberapa walang-walang atau Saung yang dapat digunakan untuk beristrahat dan menikmati pemandangan indahnya Danau Ninivala. Saung tersebut dibuat oleh warga Piliana secara mandiri. Tak dipungut biaya sama sekali untuk berenang dan bermain air di danau yang berada di Maluku ini. Namun, Anda juga harus tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/maluku/danau-ninivala-keajaiban-dunia-maluku.html
Comments
Loading...