Danau Napabale, Pesona Keindahan di Sulawesi Tenggara

0 43

Danau Napabale

Propinsi Sulawesi Tenggara merupakan sebuah propinsi yang ada di Pulau Sulawesi dan memiliki banyak destinasi wisata yang sangat indah. Selain destinasi pantai dan alam bawah laut Wakatobi yang sangat indah, Propinsi Sulawesi Tenggara juga mempunyai destinasi lain yang unik. Yaitu Danau Napabale, keunikan dan keindahanya sangat sayang untuk dilewatkan apabila sedang menikmati atau berkunjung di Propinsi Sulawesi Tenggara.

Keunikan yang paling utama dari danau ini adalah airnya yang asin, karena memang air danau ini berasal dari air laut. Tempat Danau Napabale bersebelahan dengan laut dan dihubungkan oleh sebuah terowongan alam Air laut yang mempunyai panjang 30 meter dan luas 9 meter ini mengalirkan air laut ke danau. Selain sebagai aliran air laut pemasok danau, terowongan tersebut juga seringkali sebagai tempat wisata bagi para pengunjung. Karena sewaktu air laut surut terowongan tersebut dapat dilewati. Tetapi pada saat air pasang, terowongan tersebut tertutup sepenuhnya oleh air.

Untuk menikmati keindahan danau ini bisa dengan mengitari seluruh area danau dengan menyewa sampan nelayan yang dengan mudah ditemui diarea Danau Napabale. Selain menikmati air danau yang biru kehijauan, pemandangan hamparan bukit yang hijau serta menyusuri terowongan penghubung. Pengunjung juga dapat menikmati hamparan laut biru yang berada diujung terowongan.

Selain menikmati keindahan danau dari atas sampan, cara menyelam juga sangat mengasyikan untuk menikmati keindahan bawah air Danau Napabale. Bukan hanya bisa menyelam di area danau, pengunjung juga bisa mnyelam sampai ke laut yang berada di sebelah danau dengan menyeberangi terowongan tersebut. Selain keindahan danau dan tepian pantai, di area yang tidak jauh dari Danau Napabale ada sebuah situs purbakala, yaitu Gua Layang-layang dengan keindahan lukisan-lukisan manusia pada jaman purbakala.

Akses Menuju ke Danau Napabale

Danau Napabale terletak di Desa Lohia, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Propinsi Sulawesi Tenggara. Pengunjung bisa memulai perjalanan dari Pelabuhan Raha menggunakan perahu nelayan menuju Teluk Muna dengan waktu jarak tempuh sekitar 15 menit. Atau dari Bandara Wolter Monginsidi Kota Kendari melanjutkan perjalanan ke Bandara Sugimanuru yang berada di Kabupaten Muna.

Fasilitas di Danau Napabale

Danau ini masih cukup alami, belum ada fasilitas lengkap di danau tersebut. Apabila menginginkan menginap, disarankan membawa perlengkapan menginap sendiri seperti tenda, alas tidur, serta makanan yang cukup. Di danau Napabale belum ada penginapan umum seperti hotel ataupun Homestay, namun apabila mengiginkan penginapan dengan fasilitas lengkap bisa ditemukan di Kota Raha yang dekat denga Danau Napabale.

Source http://www.gocelebes.com http://www.gocelebes.com/danau-napabale-pesona-kecantikan-danau-air-asin-di-sulawesi-tenggara/
Comments
Loading...