Danau Megoto, Obyek Wisata di Nias Utara

0 5

Danau Megoto

Danau Megoto ini mungkin belum cukup populer di kalangan penikmat wisata. Bahkan masyarakat Nias sendiri masih banyak yang belum pernah mendengarnya. Padahal danau alami yang terletak di Desa Ononamolo Tumula, Kecamatan Alasa, Kabupaten Nias Utara ini memiliki panorama sangat indah dan berpotensi untuk dijadikan sebagai obyek wisata terpadu dan terlengkap di Kabupaten Nias Utara, bahkan mungkin di Kepulauan Nias.

Danau Megoto dikelilingi oleh lahan berupa tanah kosong seluas 2.700 hektar. Berbagai ragam flora dan fauna ada di dalamnya, sehingga obyek wisata air dan wisata darat dapat dibangun di sana. Misalnya wisata kebun (agro wisata), wisata satwa (kebun binatang dan peternakan), tempat outbound dan perkemahan. Lalu Desa Ononamolo Tumula dapat dijadikan sebagai desa wisata, desa budaya, atau desa seni. Dilihat dari latar belakang historis, desa yang masih kental dengan adat istiadat ini dapat memenuhi syarat untuk hal tersebut.

Masuk sedikit ke dalam hutan, jejak dan lintasan babi hutan, kancil, kijang, dan rusa dapat disaksikan. Dan meski ribuan ekor kura-kura dan biawak serta trenggiling sudah “dijarah” dari dalam hutan, hewan-hewan liar tersebut masih sering dapat kita jumpai.

Saat ini, danau yang terletak di koordinat N.1.14530’ E.97.35373 dengan ukuran 1,15 x luas Danau Singkarak ini tinggal menunggu perhatian dari Pemerintah Kabupaten Nias Utara serta pemangku kepentingan lainnya. Kepala Daerah Nias Utara beserta jajarannya diharapkan berlaku bijak dalam menetapkan arah dan langkah pembangunan Nias Utara, termasuk pembangunan sektor pariwisatanya.

Source https://suaranusantara.com https://suaranusantara.com/danau-megoto-obyek-wisata-masa-depan-nias-utara/
Comments
Loading...