Danau Mare di Kabupaten Katingan

0 64

Danau Mare

Danau Mare merupakan sebuah danau yang berada di kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, Propinsi Kalimantan Tengah (borneo)  ‘’Danau Mare sebuah danau yang terbentuk dari sebuah sungai katingan yang memanjang dari bagian hulu di kaki bukit raya salah satu kecamatan bagian utara kabupaten katingan dan bermuara di bagian selatan berada di muara sungai atau laut jawa bagian ujung sungai ini berada di salah satu kecamatan katingan kuala (pagatan).

Singkat cerita tentang Bagaimana Danau Mare itu menjadi sebuah Danau, akan kita berikan gambaran. Danau Mare terbentuk dari  sebuah sungai yang terputus jalurnya karena adanya bentukan jalur sungai baru yang memotong sungai induk lalu sungai bentukan tersebut menjadi jalur sungai utama sehingga sungai yang dipotong tersebut jadi tidak ber -arus dan tidak menjadi jalur aliran derasnya air sungai dari bagian hulu sehingga menjadi sebuah Danau “ dan di Namakan oleh penduduk di Desa Samba Bakumpai  ” Danau Mare’’ karena secara geografis berada di belakang Desa Samba Bakumpai.  Danau ini tidak hanya untuk penduduk orang desa samba bakumpai tetapi siapa saja boleh berkunjung serta dapat mencari ikan dan sebagainya disana.

Pada waktu zaman dahulu danau mare ini sangat kaya akan sumber daya hayatinya seperti banyaknya ikan, kerang (keripak) dalam bahasa lokal menyebut sejenis kerang air tawar yang bisa dimakan, dulu-dulunya ikan dan keripak sangat banyak di danau ini, namun seiring perkembangan zaman dan zaman berganti zaman maka ikan dan kerang serta sumber daya hayati yang tersimpan dan menjadi kebanggaan masyarakat penduduk lokal berangsur – angsur berkurang, banyak faktor yang membuat sumber daya hayati tersebut berkurang adalah sebagai berikut :

Adanya pendangkalan danau sehingga air menjadi surut kedalamnya membuat ikan ikan sulit berkembang, kedua adalah semakin banyaknya penduduk sehingga banyak juga yang mencari ikan tak sebanding dengan reproduksi nya ikan- ikan untuk berkembang biak. Dan banyak faktor lainnya.

Sekarang Danau mare ini akan dijadikan central wisata dengan dibangunnya beberapa fasilitas Rumah Dermaga, rumah guest house atau sejenis rumah untuk berteduh bagi wisatawan, dan beberapa fasilitas wisata lainnya oleh pemerintah, namun yang menjadi harapan adalah bisa berkembang dan majunya wisata di danau ini masih dalam tindak lanjut pembangunan, semoga saja danau mare ini bisa menjadi icon kemajuan pembangunan pariwisata di Kabupaten Katingan sehingga menjadikan Pendapatan Daerah dari sektor Pariwisata.

Hasil gambar untuk Danau Mare di Kabupaten Katingan

Bagaimanakah cerita tentang sejarah perjuangan di danau mare akan kita kutip dari cerita perjuangan GRRI ‘’ Masa revolusi fisik mempertahankan Kemerdekaan, banyak terjadi pertempuran yang dilakukan oleh pejuang-pejuang dari Kalimantan, salah satunya Perang Danau Mare (Tumbang Samba, Katingan – Kalimantan Tengah ). Dalam pertempuran Danau Mare ini banyak pejuang yang ikut bertempur, berhasil mengusir dan menewaskan Prajurit Belanda. Tetapi ironisnya, masyarakat banyak yang tidak tahu peristiwa bersejarah ini. Dengan tulisan ini diharapkan agar peristiwa heroik yang terjadi di Danau Mare -Katingan, Kalimantan Tengah dapat diketahui secara luas.

Source https://tanikatinganborneo.wordpress.com https://tanikatinganborneo.wordpress.com/2017/12/29/danau-mare-pesona-wisata-serta-kisah-perjuangan-dan-manfaat-nya-bagi-masyarakat/
Comments
Loading...