Danau Luar: Destinasi Wisata Alam di Kapuas Hulu

0 19

Danau Luar

Pada dasarnya yang dimaksud dengan danau tektonik adalah danau yang terbentuk akibat peristiwa tektonik seperti gempa bumi. Peristiwa gempa tersebut akan berujung pada fault atau suatu kejadian dimana permukaan tanah mengalami patahan. Selanjutnya, patahan tersebut akan mengalami pemerosotan atau dikenal juga dengan istilah subsidence/amblas.

Lokasi amblas ini akan membentuk cekungan alami. Pada saat musim penghujan, cekungan bekas gempa tersebut kemudian akan terisi oleh air dan jadilah danau alami. Danau yang terbentuk akibat gempa ini bisa dijumpai dengan mudah di Indonesia. Contohnya antara lain Danau Singkarak, Danau Tondano, Danau Towuti, Danau Poso, Danau Tempe, Danau Maninaju, Danau Takengon dan masih banyak lagi lainnya.

 

Danau Tektonik-Vulkanik

Jenis danau yang satu ini juga merupakan bagian tak terpisahkan dari danau tektonik. Tapi ia juga tak bisa dianggap sekedar danau tektonik saja sebab ada campur tangan proses vulkanik di dalamnya. Apa yang dimaksud danau tektonik-vulkanik? Jawabannya adalah danau yang terbentuk yang diakibatkan oleh gempa dan juga gunung meletus. Jadi ada perpaduan tektonik dan vulkanik. Saat gunung meletus biasanya akan diikuti gempa yang berakibat pada cekungan. Kemudian cekungan tersebut akan terisi air dan jadilah danau tekto-vulkanik. Contoh danau yang dihasilkan dari perpaduan proses ini antara lain adalah Danau Toba di Sumatera.

Sekilas Tentang Danau Luar

Danau Luar dan Genting Lanjak amat potensial dijadikan kawasan wisata. Dua potensi alam ini amat menjanjikan utk dikembangkan jadi objek wisata unggulan di perbatasan. Terutama sesudah pos lintas batas Badau dibuka. “Potensi ini dapat mendatangkan pendapatan bagi daerah lewat kunjungan para wisatawan dari Malaysia,” kata Camat Batang Lupar, Rupinus, S.Sos, belum lama ini.

Dia mengemukakan Kecamatan Batang Lupar yaitu salah satu kecamatan di Kapuas Hulu yang berbatasan serentak bersama Malaysia. Kecamatan yang lain, ialah Badau, Embaloh Hulu, Puring Kencana danEmpanang. “Keunggulan Kecamatan Batang Lupar merupakan keberadaan Danau Luar dan Genting Lanjak. Danau Luar yaitu salah satu pintu akses penduduk Lanjak dan perbatasan menuju Sungai Kapuas. Di mana Sungai Kapuas sampai sekarang tetap jadi urat nadi akses penduduk. Terutama dalam distribusi orang & barang,”terang Rupinus.

Lewat Danau Luar ke Sungai Kapuas, kata Rupinus, lebih dekat aksesnya ke kecamatan lain di pesisir Sungai Kapuas. Factor mirip saat hendak menuju ke Sintang. Terutama di periode air pasang.Sementara Genting Lanjak yaitu bukit paling atas di daerah itu. Bukit tersebut sampai ke puncaknya melintas jalan  negeri lintas utara. Maka waktu berada di puncak Genting Lanjak, pemandangan Danau Luar yang indah dan pemandangan yang lain mampu dinikmati. Semelir angin yang bertiup pun bakal di rasakan di puncak Genting Lanjak.

Fasilitas dan Akomodasi

Untuk fasilitas secara resmi masih belum tersedia di kawasan Danau Luar, Namun jika anda membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap anda bisa menyewanya dari warga sekitar di Danau Luar.Ada warung dan toko di sekitar rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Sebelum melakukan perjalanan wisata ke Danau ini sebaiknya anda mempersiapkan terlebih dahulu perbekalan dan peralatan yang akan anda butuhkan selama masa perjalanan wisata di rumah atau di kota besar yang bisa menyuplai kebutuhan anda. Agar anda bisa nyaman melakukan perjalanan liburan di Danau Luar.

Source http://epictio.com http://epictio.com/tempat/danau-luar/
Comments
Loading...