Danau Kebun Nopi Usai PON Dijadikan Objek Wisata Tirta

0 84

Danau Kebun Nopi

Danau buatan itu semula dijadikan venue untuk cabang olah raga dayung dalam event Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau, September. Setelah usai pesta olah raga yang diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia itu, Danau yang terletak di Desa Bukit Pedusunan, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tersebut kemudian langsung diberdayakan menjadi arena objek wisata tirta (air).

 Danau Kebun Nopi, demikian sebutan danau yang memiliki panjang 2.200 meter, lebar 180 meter, dengan kedalaman 2,5 meter itu. Nama Kebun Nopi diambil dari nama seorang pria, Nopi, juragan kebun yang dulunya memiliki berhektar-hektar perkebunan di Desa Bukit Pedusunan, tepatnya di sekitar kawasan danau tersebut.

Untuk sampai ke lokasi danau, jalur yang paling mudah dilalui yaitu dari Taluk Kuantan (Ibukota Kabupaten Kuansing). Setelah berkendara dengan jarak tempuh sekitar 25 km, melewati beberapa kawasan perkebunan karet dan sawit, maka sampailah pada jalan pertigaan. Di salah satu tepi jalan tersebut akan jelas terlihat semacam pos masuk yang disampingnya berpagar dinding bertuliskan “Arena Dayung”. Dari pos tersebut pengunjung sudah bisa langsung melihat hamparan Danau Kebun Nopi.

 Kendaraan maupun orang yang masuk ke area wisata ini tidak dikenakan biaya tiket alias gratis. Jadi wajar, jangankan di hari libur, pada hari-hari biasa tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Panorama alam di sekitar danau dominan ditumbuhi pepohonan daerah tropis dengan pemandangan areal perbukitan. Semilir angin yang berhembus terkadang mengiringi aroma khas air danau. Memandang jauh ke depan, jika dari pintu masuk, akan terlihat 4 bangunan berdesain terkini saling bersebelahan yang didirikan tak jauh dari tembok bibir danau.

Bagi yang baru pertama kali datang ke tempat ini, nantinya akan tahu, setelah didekati ternyata keempat bangunan itu merupakan fasilitas yang dibangun untuk mendukung terselenggaranya cabang olah raga dayung PON XVIII di Riau pada September 2012. Yaitu berupa tribun penonton, gedung tempat istirahat, ruang ganti. Terima kasih telah membaca tulisan ini

Source https://www.kaskus.co.id https://www.kaskus.co.id/thread/5a9c1dd2a2c06e68118b456a/danau-kebun-nopi-usai-pon-dijadikan-objek-wisata-tirta/
Comments
Loading...