Danau Depati Empat Eloknya Alam di Jambi

0 27

Danau Depati Empat

Danau Depati Empat merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ini berada di ketinggian 1.200 mdpl dan menawarkan ketenangan. Danau Depati Empat secara Administratif berada di wilayah Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

  

Danau Depati Empat membentang seluas 271 hektare di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Letaknya di sebelah barat daya Kota Bangko, pusat ibu kota Kabupaten Merangin. Berada dalam kawasan konservasi, membuat Danau Depati Empat selalu terpelihara alami. Danau Depati Empat tentunya sudah tidak diragukan lagi keasriannya, dengan kawasan perbukitan dan pemandangan panorama yang asri, membuat Danau Depati Empat semakin indah dipandang. Selain hutan yang lebat, air jernih, dan aneka ragam jenis ikan, danau ini juga dihiasi dua gunung kembar, yaitu bukit Pandan dan bukit Pandan Bungsu.

Menariknya, walau pun danau ini cukup jauh dari perkampungan masyarakat, danau ini sejak zaman dahulu hingga sekarang masih di manfaatkan masyarakat sekitar untuk memancing dan menjala. Kemudian hasil tangkapan ikan dikeringkan dan dijual. Warga biasa mengenalnya dengan istilah Krasak, dijual ke desa-desa sekitar. Masyarakat sekitar danau, selalu menjaga kearifan lokal saat mereka memancing dan jala ikan. Hingga kini mereka masih menggunakan alat sederhana, seperti rakit bambu dan biduk (perahu) untuk menangkap ikan di danau.

Keberadaan Danau Depati Empat dihimpit oleh perkampungan masyarakat dua suku atau juga disebut marga, yaitu marga Sungai Tenang di sebelah timur, dan marga Serampas dibagian barat. Berdasarkan sejarah lisan masyarakat setempat, Danau Depati Empat dahulu dimiliki empat depati, yaitu Depati Payung (Margo serampas), Depati Gento Rajo (Desa Pulau Tengah), Depati Siang Dito (Desa Rantau Suli), dan Depati Muncak (Desa Muara Madras). Dari empat depati itulah, kemudian danau ini dinamakan Danau Depati Empat, masyarakat sekitar juga bisa menyebutnya dengan Danau Gedang.

Untuk mencapai lokasi dapat ditempuh menggunakan mobil, dengan jarak sekitar 120 km dari Kota Bangko menuju Desa Pulau Tengah. Setelah di lokasi, ada dua pilihan jalur jalan kaki yang harus dilewati. Pertama dari Desa Pulau Tengah menuju Danau Depati Empat dengan jarak 9 km, atau jalur kedua Dari Dusun Danau Pauh, Desa Pulau Tengah, menuju Desa Rantau Kermas dengan jarak 12 km. Setelah mobil dan motor Anda tak lagi bisa melanjutkan perjalanan, Anda harus berjalan kaki kira 7 kilometer atau sekitar 3 jam jalan santai untuk sampai danau.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jambi/danau-depati-empat-eloknya-alam-jambi.html
Comments
Loading...