Danau ‘Deduhuk’, Potensi Wisata Tersembunyi Di Semende

0 22

Danau Deduhuk

Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) masih banyak memiliki potensi wisata yang tersembunyi. Pun di Kabupaten Muaraenim, khususnya Kecamatan Semende. Selain terkenal dengan kualitas hasil perkebunan kopinya, ternyata di daerah ini menyimpan keindahan alam lain yaitu sebuah Danau yang diberi nama ‘Deduhuk’.

Danau tersebut, terletak di Desa Rantau Dedap, Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU), Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Saat ini, jarak tempuh ke Danau Deduhuk sekitar empat jam perjalanan dengan kendaraan dari kota Muaraenim. Akses yang akan ditempuh lumayan ekstrim. Tebing, jurang, jalan berkelok, jika hujan turun, jalan bebatuan menjadi berlumpur.

 

 

Koordinator Tim Ekspedisi Jelajah Bumi Tunggu Tubang, H. Jumhari Yunus, juga merupakan Kepala Kantor Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Muaraenim mengatakan, wilayah SDU memiliki potensi alam yang sangat beragam. Terdiri dari sungai, danau, air panas, air terjun dan agrowisata yang belum terjamah secara optimal. Salah satunya Danau Deduhuk.

 

 

“Potensi Danau Deduhuk ini dapat dioptimalkan melalui kerja sama antar semua pihak. Aktifitas petualangan alam bebas yang dapat digarap dengan memadukan olahraga alam bebas serta hiburan,” ungkapnya, Selasa. Mengulas cerita ditemukannya keindahan Danau Deduhuk, di tahun 1952, seorang jawara bernama Din Garong dan dua orang anak buahnya menemukan genangan air di Desa Rantau Dedap, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muaraenim.

 

Jadi nama Danau Deduhuk diambil dari kata “Nyenyuhok”. Luas danau diperkirakan 12 hektar dan sampai saat ini baru terealisasi enam hektar. Pada tahun 1952, akses yang dapat digunakan hanya dengan berjalan kaki untuk menuju danau dari Desa Segamit ke Desa Rantau Dedap sekitar delapan jam. Setelah menemukan danau tersebut, Din Garong pergi merantau ke kota. Saat kembali ke Desanya, danau sudah mulai melebar. Lama-kelamaan, genangan air semakin luas dan berubah menjadi danau yang sangat besar.

Source http://maklumatnews.com http://maklumatnews.com/2016/03/08/danau-deduhuk-potensi-wisata-tersembunyi-di-semende/
Comments
Loading...