Danau Biru di Linggang Bigung

0 102

Danau Biru di Linggang Bigung

Objek wisata selalu menjadi sasaran pengunjung. Maklum, di Kutai Barat (Kubar) belum ada tempat refreshing alternatif seperti mall atau pusat perbelanjaan layaknya di kota besar. Objek wisata di Kubar memang banyak. Namun, yang lebih dekat dari Barong Tongkok, ibukota kabupaten dan sering dikunjungi hanya ada beberapa. Di antaranya adalah Cagar Alam Kersik Luway dan Air Terjun Jantur Gemuruh di Kecamatan Sekolaq Darat. Kemudian di Barong Tongkok juga ada Air Terjun Ombau, dan Lamin Adat di Pepang Eheng. Di Melak ada Danau Barong. Di Linggang Bigung ada Danau Aco, dan lainnya.
Yang terbaru adalah Danau Biru. Letak Danau Biru tak jauh dari pemukiman warga Linggang Bigung. Jaraknya sekitar 900 meter, masuk ke kiri dari jalan poros ibukota Kecamatan Linggang Bigung ke jalan Kampung Melapeh Baru. Persimpangannya, persis di depan Kantor Balai Penyuluhan Pertanian Linggang Bigung. Namun jalannya masih tanah, jika hujan jalanan licin. Kondisi danaunya diapit dua bukit. Lebarnya 34 meter dan panjangnya 300 meter di atas lahan 19 hektare. Ketika pengunjung masuk ke areal objek wisata itu, berhadapan langsung dengan kantin yang berada di kaki bukit.
Hasil gambar untuk Danau Biru di Linggang Bigung
Ketika pelancong menghadap arah depan danau, sebelah kanan dan kiri mengapit danau, ada dua bangunan kayu. Rata-rata kayu ulin. Panjangnya masing-masing sekitar 25 meter dan lebar sekitar 2 meter. Motif bangunan ada ukiran etnis Dayaknya. Di dalam bangunan itu disiapkan tempat duduk dari kayu yang bisa memuat ratusan pengunjung. Dua bangunan itu bantuan Pemkab Kubar melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kubar. Untuk fasilitas bermain ada di danau. Pengunjung disiapkan 2 sepeda air dari fiber, 3 perahu kayu, dan puluhan ban dalam bekas. Jika bermain perahu atau mandi harus hati-hati, karena di tengah danau bisa menenggelamkan orang dewasa degan kedalaman 4 meter.
Source https://wa-iki.blogspot.com https://wa-iki.blogspot.com/2010/11/melihat-danau-biru-di-linggang-bigung.html
Comments
Loading...