Danau Baruh Bahinu : Wisata Danau di Kabupaten Balangan

0 64

Danau Baruh Bahinu

Danau Baruh Bahinu terletak di Desa Baruh Bahinu Dalam, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan.  Maklum jalan menuju ke sana cukup jauh, sekitar 1 jam lebih dari rumahku yang terletak di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Ditambah medan perjalanan yang tidak bisa dibilang bagus. Disana-sini lubang. Fiuhh. Sedangkan dari pusat Kota Paringin, ibukota Kabupaten Balangan, danau ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Danau Baruh Bahino sebenarnya merupakan sebuah rawa yang luas sekali. Tapi sayang, sebagian besar permukaannya ditutupi oleh tanaman eceng gondok dan berbagai hidrofita lainnya. Membentang di atas danau ini jembatan dari kayu dan beberapa pelataran beratap menyerupai dermaga, yang sepertinya memang cantik jadi spot hunting foto saat sore menjelang.

Di sebuah sudut jembatan terlihat sebuah sepeda air dengan kondisi yang tidak bisa dibilang bagus. Beberapa sepeda air lainnya terdampar di tebing danau. Di badan sepeda air tersebut tertulis DISPORAPARBUD. Sepertinya pemerintah Kabupaten Balangan sudah berusaha untuk mengembangkan tempat ini sebagai tempat wisata. Tapi seperti yang kulihat, daerah ini sama sekali belum berkembang.

Terlepas dari kekurangan-kekurangan tersebut, danau ini memang indah.Semoga saja yang berwenang dalam dunia kepariwisataan di daerah ini konsisten untuk selalu mengembangkan potensi daerah dalam bidang pariwisata.

Source http://naraituh.blogspot.com http://naraituh.blogspot.com/2014/06/danau-baruh-bahinu.html
Comments
Loading...