Dam Margo Tirto Gisting, Destinasi Wisata di Tanggamus

0 162

Dam Margo Tirto

Dam Margo Tirto yang terletak di Gisting Tanggamus akan memberikan pengamalan yang dijamin jarang dijumpai di lokasi lain. Hal ini karena keunikan lokasinya yang berada di tengah-tengah perkampungan masyarakat. Bendungan atau dam peninggalan jaman Belanda ini telah dimanfaatakan sebagai objek wisata.

Menurut beberapa catatan, dam ini dulunya adalah benteng pertahanan Belanda. Terbentuknya dam pada tahun 1972. Kemudian pada 1984 tanggul rusak karena tertimpa oleh pohon, dari situ dam mulai terbengkalai. Kemudian pada April 2014, melalui swadaya masyarakat, lantai sekitar kolam diperbaiki. Lalu pada Bulan Agustus di tahun yang sama perintah Kabupaten Tanggamus memberikan bantaun pembangunan talut sepanjang 200 meter. Kini Lokasi ini telah dipercantik dan diberi tambahan beberapa fasilitas utuk wisatawan.

  

Lokasi Menuju Dam Margo Tirto

Objek wisata Dam Margo Tirto ini beralamat lengkap di Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Tanggamus. Letak objek ini berjarak sekitar 700 meter dari Jalan Raya Gisting arah ke Kota Agung. Sedangkan jika dari Ibukota. Bandar Lampung jaraknya sekitar 75 kilo meter dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam perjalanan. Adapun rutenya yakni Bandar Lampung – Gedong Tataan – Pringsweu – Gisting – Kampung Wisata Dam Margo Tirto.

Pengunjung bisa menempuhnya via Jalan Lintas Barat Sumatera. Sama dengan rute ketika akan menuju Air Terjun Way Lalaan dan Pantai Sawmill. Untuk transportasi umum, bisa menggunakan bus dari Terminal Rajabasa tujuan Kota Agung. Tarifnya sekitar Rp 30.000 jika turun di Gisting. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menaiki ojek dari Gisting ke Dam Margo Tirto. Alternatif lain yang lebih mudah adalah menaiki travel yang bisa menghantarakan langsung ke objek wisatanya. Namun dengan biaya yang lebih tinggi ketimbang menaiki bus.

Fasilitas di Dam Margo Tirto.

Pengunjung yang masuk ke objek wisata ini akan dikenai biaya sebesar Rp. 5000. Harga ini tentu sangat terjangkau untuk semua kalangan. Pengunjung yang datang tak hanya diberikan disuguhi pemandangan dam, namun pengelola menawarkan wahana yang bisa dinikmati. Selain itu beberspa fasilitasnya juga akan menambah betah untuk berlama-lama disini.

  • Sepeda Air

Bekeliling dam dengan mengayuh sepeda air akan menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi pengunjung yang datang. Tarif sewa sepeda air ini ada di kisaran Rp. 3000 sampai Rp. 5000 untuk sekali putaran.

  • Kolam Renang

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 3000 pengunjung sudah bisa puas mandi dan bermain di kolam renang disini.

Didalamnya pun ada prosotan untuk anak-anak, ban untuk bermain dan bola-bola kecil yang bisa dimainkan secara gratis.

Hasil gambar untuk Dam Margo Tirto Gisting, Destinasi Wisata di Tanggamus

  • Kantin

Tak perlu khawatir dengan perut ketika lapar, disIni banyak warung dan penjual makanan. Warung-warung tersebut ada di rumah warga yang mengelilingi dam ini. Harga makanan dan jajajan yang dijual pun masih murah.

  • Pondokan/Gazebo

Bagi yang tidak ingin bermain wahana air, bisa bersantai di pondokan yang ada di sekitar dam. Dari pondokan yang teduh ini pengunjung bisa menikmati pemandangan danau dan suasana perkampungan.

  • Toilet dan Tempat Parkir

Area parkir yang luas dan juga adanya fasilitas toilet di objek wisata ini menambah nyaman saat berkunjung. Kedua fasilitas ini gratis untuk wisatawan yang datang.

Keistimewaan Dam Margo Tirto

Jika objek wisata lain di beri pembatas antara objek wisata dan permukiman, disini lain halnya. Tak ada pagar pembatas antara pemukiamn dan dam. Sehingga dam ini nampak menyatu dengan permukiman masyarakat. Hal ini tentu jarang dijumpai di lokasi wisata lain. Keunikan inilah yang bisa menjadi alasan kenapa anda harus mengunjunginya.

Source https://www.lampung.co https://www.lampung.co/blog/dam-margo-tirto-gisting-destinasi-wisata-bersejarah-yang-unik-di-tanggamus
Comments
Loading...