Curup Kereta Blambangan Umpu Way Kanan

0 26

Curup Kereta

Curup Kereta Blambangan Umpu mempunyai bentuk yang berbeda dengan air terjun lain di Way Kanan atau juga di wilayah lain. Bentuknya melabar dengan aliran air yang deras membuatnya nampak mempesona dan unik. Nama Curup Kereta memang tak sementereng dua air terjun di Way Kanan yakni Air Terjun Putri Malu dan Curup Gangsa, namun keindahannya tak bisa disepelekan.

Panorama dan keunikan air terjun akan mampu membuat wisatawan terpukau. Berlibur di air terjun akan memberikan keseruan dan pengalaman yang menyenagkan. Objek wisata alam yang satu ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menikmati guyuran air dan juga keindahan fenomena air terjun. Semakin menyenangkan lagi apabila air terjun yang dikunjungi memiliki keistimewaan yang jarang ditemui di lokasi lain. Seperti yang terdapat di air terjun Curup Kereta ini.

 

Lokasi Curup Kereta

Air Terjun ini terletak di Desa Rambang Jaya, Kecamatan Blambangan Umpu. Lokasinya hanya sekitar tujuh kilo meter dari Jalan Lintas Sumatera. Dari Simpang Empat Kampung Negeri Baru, Blambangan Umpu, Way Kanan, ke arah Kecamatan Kasui. Waktu tempuh sekitar 15 menit dari Simpang Empat. Dari sini pengunjung bisa menaiki ojek yang biasa mangkal di dekat tugu.

Jika dari Bandar Lampung, jaraknya sekitar 207 kilo meter dengan waktu tempuh kurang lebih empat jam perjalanan via Jalan Lintas Sumatera. Adapun rutenya Bandar Lampung – Bandar Jaya – Kotabumi – Baradatu – Simpang Empat – Curup Kereta. Untuk transportasi dari Bandar Lampung, bisa menggunakan bus tujuan Kasui, Way Kanan, tarifnya lebih kurang Rp. 60.000.

Sebelum sampai di Kasui, pengunjung bisa turun di Simpang Empat kemudian melanjutkan dengan menaiki ojek agar lebih mudah untuk diantarkan sampai ke lokasi air terjun. Alternatif lain juga bisa menaiki travel tujuan Way Kanan, namun dengan tarif yang lebih tinggi ketimbang menggunakan transportasi bus.

Keindahan Curup Kereta

Sampai di air terjun ini pengunjung akan disambut dengan air terjun dengan aliran deras. Meski tak tinggi air terjun ini sangatlah lebar, sehingga nampak sangat menawan. Jika aliran air sangat deras, maka air terjun bak tirai raksasa berwarna putih yang terbuat dari air. Namun jika aliran air tak terlalu deras, ada aliran air yang nampak apik dari beberapa ruas yang ada di tebing air terjun. Di bawahnya juga ada kubangan yang bisa digunakan untuk mandi, spot ini sangat luas sehingga pengunjung bisa mandi dengan puas. Namun tetap dengan kewaspaadaan dan hati-hati terutama jika debit air meningkat. Tebing air terjun ini pun bisa dinaiki karena bentuknya berundak, ada batu yang bisa dipijak untuk kemudian menaikinya.

Dari sini pengunjung bisa menikmati guyuran air atau melompat ke kubangan air. Selain aktivitas tersebut pengunjun juga bisa menjadikan objek ini sebagai spot selfie. Dari jarak sekitar 20 meter ada tanah lapang yang bisa dijadikan spot foto, dari sinilah akan nampak curup kereta yang panjang dan lebar di belakangnya. Bisa dibilang air terjun ini sangat fotogenik. Yang cukup unik juga adanya tulusan curup kereta di bagian atas aur terjun. Jika difoto maka akan menandakan bahwa pengnjung sedang berfoto di air terjun cantik bernama curup kereta. Panorama indah, view fotogenik akan semakin menambah betah kala dipadukan dengan suasana asri di sekitar air terjun ini. Kolaborasi ciamik ini bisa menjadi alasan kenapa anda harus berkunjung kesini.

Source https://www.lampung.co https://www.lampung.co/blog/pesona-curup-kereta-blambangan-umpu-way-kanan
Comments
Loading...