Curup Buluh, Keindahan Tersembunyi Air Terjun di Lereng Bukit

0 21

Curup Buluh

Liburan merupakan momen menyegarkan diri sekaligus pelepas penat dari kegiatan sehari-hari. Momen liburan sangat pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan bermain dengan alam. Yah, alam adalah salah satu objek liburan yang lebih menyenangkan ketimbang tempat lain. Karena alam memberikan suasana yang tidak kita dapatkan saat belajar di sekolah atau bekerja di kantor. Alam menyuguhkan kenikmatan duniawi yang sarat akan keindahan dan berbagai tawaran menarik.

Saat berlibur dan menikmati pemandangan alam kita harus menyesuaikan dengan tipikal pribadi masing-masing, riwayat penyakit dan kondisi kesehatan tubuh. Karena aspek tersebut sangat berpengaruh dengan objek wisata alam yang hendak kita kunjungi. Ada banyak pilihan untuk sekedar melepas penat dengan alam. Kita bisa mengunjungi air terjun yang sejuk, bukit yang indah, hamparan kebun teh, menyusuri sungai, menjelajah laut dengan menyelam, menikmati terik matahari di pantai dan berbagai objek wisata yang dapat memuaskan mata dan menggembirakan keluarga.

   

Di Lahat, Sumatera Selatan terdapat banyak air terjun yang menyelinap di antara perpaduan bukit-bukit yang juga indah. Secara geografis, sebagian daerah Lahat juga termasuk bagian dari Bukit Barisan. Tak heran jika wisata air terjun menjadi wisata alam yang mendominasi. Namun, ada satu air terjun yang sayang untuk dilewatkan saat berlibur. Bahkan banyak pelancong datang dari luar kota hanya untuk menikmati air terjun di bumi Seganti Setungguan ini.

Salah satu air terjun atau biasa disebut curup yang menawarkan sensasi berbeda ini bernama Curup Buluh 7 Tingkat. Curup Buluh terletak di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu. Curup sendiri berarti air terjun dan buluh berarti bambu. Curup ini dinamakan Buluh karena pada batu-batu cadas itu terdapat buluh atau bambu. Terdapat juga pohon bambu yang tertanam dan condong ke arah curup. Maka dari itu curup ini dinamakan curup buluh. Penyematan kata 7 tingkat dikarenakan untuk mencapai Curup Buluh, tersusun atas undakan batu sebanyak 7 tingkat.

Perjalanan menuju curup cukup menghabiskan tenaga. Jika dari Kota Palembang menuju ke Curup Buluh, menghabiskan waktu sekitar 8-9 jam perjalanan. Sedangkan jika dari Kota Muara Enim menuju Curup Buluh membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Namun, jangan langsung lemas melihat waktu perjalanan yang cukup lama yah. Di balik durasi tempuh yang lama, terdapat sebuah pemandangan alam yang indah dipandang mata.

Jalan menuju Curup Buluh memang sedikit ekstrim dan curam. Jalannya berliku dan terdapat jurang di sebelah kiri-kanan jalan. Teman-teman pelancong akan banyak melewati tanjakan dan turunan yan tajam. Ada pula tikungan tajam atau biasa disebut tikungan siku-siku. Meski jalan cukup ekstrim dan membuat kepala sedikit pusing, tetapi ada satu pemandangan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Dalam perjalanan, kita bisa melihat kerapian bukit yang berjejer membentuk barisan atau bisa disebut Bukit Barisan.

Di antara Bukit Barisan itu, terdapat Gunung dengan tinggi 3159 mdpl yang ikut memanjangkan barisan bukit ini yakni Gunung Dempo, letaknya di Kota Pagar Alam. Tiba di parkir kendaraan, kita tidak langsung menikmati segarnya air curup. Dibutuhkan tenaga ekstra, kaki yang kuat, pikiran bersih dan hari yang tulus untuk dapat menuruni ratusan anak tangga menuju curup buluh.

Waktu tempuh tidak begitu lama, tergantung kecepatan kita melangkah. Bisa 10-15 menit saja. Setelah tiba di curup, kita akan langsung merasakan sensasi kenikmatan surga dunia. Menurut warga setempat ketinggian curup ini tidak kurang dari 40 meter. Airnya begitu jernih dan dingin. Sangat mampu menyegarkan tubuh dan me-refresh pikiran setelah penat bersekolah dan bekerja.

Anda bisa langsung mandi, berenang atau berfoto-foto. Anda juga bisa menaiki batu-batu cadas hingga beberapa tingkat dan merasakan es batu jatuh di kepala. Sungguh segar! Perjalanan jauh dan melelahkan anda akan terbayar lunas dengan mandi di curup buluh. Selain itu, bagi anda yang tidak mau mandi, bisa berfoto di beberapa wahana foto yang menawarkan keindahan curup buluh dan alam sekitarnya. Di sini tersedia fasilitas yang lengkap. Mulai dari toilet umum, musholla, kantin, tempat duduk dan tempat ganti baju. Harganya juga disesuaikan dengan kantong Anda.

Setelah mandi dan puas menikmati Curup Buluh, jangan lupa Anda akan menghadapi tantangan lagi dengan menaiki ratusan anak tangga. Eits, jangan khawatir bagi anda yang merasa kelelahan. Ada ojek yang siap mengantar hingga ke atas. Tarifnya pun disesuaikan dengan kantong Anda. Tak akan menyesal anda mengunjungi Curup Buluh. Kesan libur yang menyegarkan dan menyenangkan akan anda rasakan. Rasanya, ingin berlama-lama di Curup Buluh.

Source https://mahasiswaindonesia.id https://mahasiswaindonesia.id/2018/01/11/curup-buluh-keindahan-tersembunyi-air-terjun-di-lereng-bukit/
Comments
Loading...