Curup Bali, Wisata Alam di Muara Enim

0 48

Curup Bali

Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ternyata memiliki banyak potensi wisata alam berupa air terjun. Sebelumnya, sudah ada objek wisata air terjun Bedegung yang telah menjadi ikon wisata di Bumi Serasan Sekundang ini.

Ada pula air terjun Curup Napal Carik dan Curup Lemutu. Pun  di Desa Lebak Budi, Kecamatan Tanjung Agung, ada potensi wisata air terjun yang dikenal sejak zaman colonial Belanda, yaitu Curup Bali. Seperti dikatakan Yansa, anggota Forum Pencinta Alam Lawang Kidul dan Tanjung Agung (Formapalika), Air terjun Curup Bali tidak kalah dengan curup lainnya di sekitar Kecamatan Tanjung Agung.

“Peran Pemerintah sangat dibutuhkan agar air terjun Curup Bali dapat menjadi lokasi wisata baru, bagi wisatawan yang datang ke Kabupaten Muaraenim. Kami berharap curup ini bisa dipelihara dengan baik oleh warga dan pengunjung, terutama kebersihan lingkungannya. Kepada Pemkab Muaraenim, kami berharap dapat mempermudah akses jalan, supaya masyarakat dapat menikmati keindahan Curup Bali,” harapnya, Senin.

Tokoh Masyarakat Desa Lebak Budi, M. Hasan Taro mengatakan, Curup Bali yang ada di Desa Lebak Budi sudah dikenal sejak zaman kolonial Belanda. “Pada zaman itu ada seseorang yang pertama menetap di sekitar curup tersebut dan orang itu bernama Bali. Nah, sejak itu masyarakat setempat menyebut lokasi air terjun itu bernama Curup Bali,” ujarnya.

Curup itu dialiri oleh sungai tarikan yang melintas Desa. Di dalam sungai itu, terdapat lubuk yang dinamakan lubuk getuk gangsa. Lubuk getuk gangsa itu sendiri, mempunyai arti yaitu Getuk, berarti pentungan yang dibuang di lebuk dan berubah menjadi ikan. “Gangsa mempunyai arti benda pusaka, terbuat dari bahan kuningan dan sekarang menjadi lubuk Getuk Gangsa. Petungan yang berubah menjadi ikan itu, saat ini masih sering terlihat oleh masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Muaraenim, Febriansyah mengatakan, memang Curup Bali berpotensi menjadi objek wisata yang akan dikelola pemerintah. “Tapi, saat ini wisata alam itu masih dikelola oleh warga Desa setempat. Diharapkan, nantinya bisa dikembangkan menjadi obyek wisata yang bisa menarik minat wisatawan,” jelasnya.

Source https://maklumatnews.com https://maklumatnews.com/2015/12/21/dikenal-sejak-zaman-kolonial-curup-bali-potensi-wisata-di-muaraenim/
Comments
Loading...