Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-xu8JuT.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Curug Tapak Kuda Wisata Alam di Majalengka

0 419

Curug Tapak Kuda

Curug Tapak Kuda merupakan salah satu destinasi waista alam yang berlokasi di Blok Simpur, Dusun Tapak Kuda, Desa Sadawangi, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Curug atau air terjun  Tapak Kuda ini memiliki nama lain, yaitu Curug Citerus atau ada juga yang menyebutnya Curug Pakuda. Nama air terjun ini diambil dari nama lokasi curug tersebut berada, yaitu Dusun atau Kampung Tapak Kuda. Nama Dusun Tapak Kuda sendiri diambil dari sebuah batu besar yang letaknya tidak jauh dari kampung tersebut, dimana  pada bagian batu ini terdapat sebuah cekungan mirip dengan jejak kaki kuda (tapak kuda).

Keindahan Curug Tapak Kuda

Curug  ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Keunikan dari curug ini adalah memiliki lima undakan, dimana air terjun utama memiliki ukuran lebih tinggi dan dibawahnya terdapat kolam alami, dan air terjun berikutnya memiliki ukuran yang lebih pendek. Selama ini yang menjadi tempat favorit bagi pengunjung adalah curug utama dan ke dua, karena untuk ke curug yang berikutnya harus menuruni tebing lagi yang lumayan terjal. 
Suasana disekitar Curug Tapak Kuda terasa sejuk, karena kondisi di sekelilingnya masih alami, begitu pun dengan aliran air yang mengalir dan jatuh dari atas tebing sangat bersih dan jernih karena tidak tercemari oleh kotoran. Keindahan alam sekitar yang terdiri dari sawah, bukit dan gunung membuat pengunjung merasa betah dan nyaman untuk berlama-lama disekitar objek wisata ini.

Fasilitas Curug Tapak Kuda

Di sekitar Curug Citerus ini belum tersedia fasilitas apapun, sehingga tempat ini benar-benar terasa alami karena belum dikelola secara khusus. Oleh Karena belum tersedianya fasilitas pendukung di tempat wisata ini, maka bagi Anda yang akan berkunjung wajib membawa perlengkapan masing-masing, terutama perbekalan dan peralatan P3K.

Akses Menuju Curug Tapak Kuda

Untuk Menuju Lokasi Dibutuhkan tenaga ekstra untuk bisa datang ke lokasi wisata Curug Tapak Kuda, karena lokasinya yang berada jauh dari pusat kota Majalengka, yaitu sekitar 40 Kilo meter. Selain itu setelah tiba di Desa Sadawangi, perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 2 Kilo meter menyusuri pematang sawah milik warga, dan untuk yang membawa kendaraan sendiri dapat dititipkan di halaman rumah warga. Meskipun harus berjalan kaki menyusuri pematang sawah, tapi selama perjalanan akan terasa indah, karena disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan, hamparan pesawahan yang luas dan berundak, serta bukit-bukit yang hijau memanjakan mata. Setelah melintasi pesawahan dan menemukan sungai, maka sudah terlihat penampakan air terjun yang cantik dan masih perawan.
Source Jalan Wisata putera
Comments
Loading...