Curug Sodong Sukabumi Jawa Barat

0 146

Curug Sodong

Curug Sodong adalah salah satu air terjun yang berada di kawasan Ciletuh Geopark. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Keunikan dari air terjun ini adalah pemandangan alamnya yang indah, di sekitar air terjun ini tumbuh pepohonan yang hijau dan rindang. Dinamakan “sodong” karena di balik air terjun ini terdapat cekungan yang menyerupai sebuah gua. Dan dalam istilah bahasa sunda, cekungan yang menyerupai gua tersebut sering disebut sebagai “sodong”.

Lokasi Curug Sodong

Secara administratif, Curug Sodong ini berada di kawasan Ciletuh Geopark yang berlokasi di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Fasilitas Curug Sodong

Sebagai salah satu tempat wisata yang diandalkan di kawasan Ciletuh Geopark. Curug Sodong sudah memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir, toilet hingga beberapa warung kecil yang menjual beberapa makanan dan cemilan. Namun, ditempat ini belum tersedia musholla untuk kamu yang ingin melaksanakan ibadah shalat.

Tiket Masuk Curug Sodong

Untuk bisa menikmati semua keindahan alam dan keunikan dari air terjun kembar ini, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar 3.000 rupiah/orang. Biaya lainnya yang harus dikeluarkan adalah biaya parkir kendaraan motor sebesar 3.000 rupiah/motor, dan untuk kendaraan mobil sebesar 5.000 rupiah/mobil.

Rute Menuju Curug Sodong

Berikut adalah rute singkat yang bisa ditempuh untuk menuju kawasan Ciletuh Geopark jika bertolak dari arah Kota Bandung : Kota Bandung – Padalarang –  Cipatat – Cianjur – Sukabumi – Jalan Pelabuhan – Jalan Cibatu –Jalan Cijambe – Jalan Tegal Lega – Jalan Pelabuhan Ratu – Jampang Kulon – Jalan Waluran – Tamanjaya – Ciletuh Geopark.

Setelah berada di kawasan Desa Tamanjaya, rute selanjutnya adalah mengarahkan kendaraan menuju Desa Ciwaru dimana Curug Sodong ini berada. Dari Desa Tamanjaya yang terdapat kantor sekretariat PAPSI menuju Desa Ciwaru berjarak sekitar 7 km dengan akses yang menurun dan menanjak, serta di beberapa titik perjalanan jalan masih kurang mulus dan berbatu.

Source wisata Sukabumi
Comments
Loading...