Curug Siliwangi Wisata Alam di Majalengka

0 147

Curug Siliwangi

Curug Siliwangi merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di areal wanawisata Gunung Puntang di komplek Gunung Malabar di lahan RPH Logawa, yang dikelola BKPH Banjaran, KPH Bandung Selatan. Adapun wanawisata ini berada di ketinggian 1.290 m dpl, dengan konfigurasi lapangan pada umumnya bergelombang dengan suhu udara 18 sampai 23 derajat Celsius dan curah hujan 2.000 hingga 2.500 mm/tahun.  Curug Siliwangi memiliki ketinggian terjunan air sekitar 100 m.

Legenda Curug Siliwangi

Konon Curug Siliwangi terjadi ketika si bocah yang akhirnya dikenal dengan sebutan Prabu Siliwangi, buang air kecil dari atas Gunung Reregan. Dan karena airnya, Curug Siliwangi diyakini mengandung tuah yang teramat sangat dan dijaga langsung oleh sang Prabu, maka tempat inilah yang di anggap paling keramat ketimbang Cipangubusan atau sumber air keramat, Geger Hanjuang tempatnya sang Prabu menghabiskan waktu istirahat dan Batu Pedang tempat dimana beliau menyimpan pedang kesayangannya. Curug Siliwangi ini Terletak  di kawasan Bandung Selatan, tepatnya di Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Propinsi Jawa barat.  

Akses Menuju  Curug Siliwangi

Berjarak sekitar 30 km dari Kota Bandung ke arah selatan. Dari areal wanawisata Gunung Puntang, Curug Siliwangi ini berjarak sekitar 3,5 km (dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan) dengan menyusuri jalan setapak yang cukup terjal dan menyeberangi beberapa sungai yang membelah jalan (tanpa jembatan). Untuk mencapai lokasi ini tidak begitu sulit, selain dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, juga dapat ditempuh dengan kendaraan umum. Dari Terminal Kebon Kalapa naik bus jurusan Pangalengan, turun di daerah Cimaung, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angdes atau ojek menuju lokasi. Bisa juga dari Terminal Tegalega (arah M.Toha) atau Buah Batu (arah Dayeuh Kolot), naik kendaraan umum jurusan Banjaran, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan umum menuju lokasi. Di samping itu, juga dapat ditempuh dari terminal Leuwipanjang (arah Soreang). Naik jurusan Banjaran atau menumpang bus jurusan Pangalengan.

Fasilitas di Curug Siliwangi

Fasilitas yang ada antara lain Bumi Perkemahan Gunung Puntang seluas 5 Ha, parkir kendaraan yang cukup luas, MCK, Musholla dan beberapa warung yang menyediakan aneka jajanan. Juga di kawasan ini tersedia akomodasi beberapa saung berupa pendopo untuk istirahat atau menginap bagi pengunjung yang tidak membawa perlengkapan berkemah. Tiket masuk ke kawasan ini adalah  Rp 5.000 per orang.

Source Jalan Wisata sites
Comments
Loading...