Curug Silancur Wisata Alam di Kebumen

0 19

Curug Silancur

Curug Silancur merupakan salah satu destinasi wisata alam yang memiliki keindahan alam tiadaduanya, Curug ini berada di Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen yang berada di Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung. Untuk menjangkau air terjun harus berjalan kaki melewati lerengan perbukitan yang terjal sejauh 400 meter. Di sekitar air terjun tak ada fasilitas apapun, hanya lahan parkir swadaya masyarakat di pinggir jalan raya.

Selama perjalanan ke air terjun banyak dijumpai sungai­sungai kecil denga air jernih mengalir, bisa mengundang untuk turun sejenak merasakan sejuk dan jernihnya air pegunungan. Curug Silancur merupakan sebuah air terjun yang sangat bersejarah di Kebumen. Karena Desa Wadasmalang adalah desa yang dahulu pernah menjadi pusat pemerintahan dari Kabupaten Kebumen pada saat perang kemerdekaan. Sehingga membuat desa ini sangat istimewa dalam hal sejarah dari NKRI.

Curug Silancur memiliki ketinggian 25 meter. Tak seperti curug pada umumnya, Curug Silancur tidak memilik ‘bak’ penampungan air di bawahnya. Air yang meluncur akan jatuh menghantam batuan besar sehingga menghasilkan percikan air yang segar. Jika terik matahari dalam keadaan sempurna, percikan air yang terbawa angin terlihat berwarna­warni seperti pelangi. Curug Silancur mempunyai daya tarik tersendiri karena lingkungannya masih betul­-betul alami.

Kesunyian juga masih sangat terasa. Udara di sekitarnya sejuk dan sepanjang jalan menuju ke sana terdapat area perkebunan yang asri. Banyak dijumpai juga pesawahan terasering warga yang sangat cantik serta pohon pinus yang rindang. Selain kita bisa menikmati air terjun yang memiliki debit ukuran air terjun yang besar. Kita juga bisa berpanen durian saat musim panen sudah datang. Sehingga tidak jarang banyak yang penyuka buah durian berpesta dengan mengunjungi wisata ini. Karena kita bisa mendapatkan buah durian dengan harga yang murah tentunya.

Source http://wisataa.com http://wisataa.com/category/kebumen
Comments
Loading...