Curug Sidoharjo Wisata Alam di Kulon Progo Yogyakarta

0 121

Curug Sidoharjo

Curug Sidoharjo merupakan daya tarik air terjun tersembunyi dibalik perbukitan Menoreh Kulon Progo. Menurut informasi yang beredar, curug atau air terjun ini disebut air terjun tertinggi diantara air terjun yang lain di wilayah kabupaten Kulon Progo bahkan mungkin se Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini keberadaan air terjun ini telah dibuka menjadi kawasan wisata yang dikelola masyarakat sekitar. Hanya saja wisatawan yang berkunjung lebih banyak pada musim penghujan karena aliran airnya cukup melimpah.

Keindahan Curug Sidoharjo

Air terjun Sidoharjo ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan kemiringan hampir 90 derajat, sehingga air jatuh begitu saja dari tebing batu cadas. Airnya yang jernih dan dingin sangat cocok untuk melepas lelah dan bermandi ria. Di dasar air terjun banyak terdapat tanaman bunga yang beraneka macam menambah indahnya pemandangan yang ada di sekitar air terjun. Selain bisa menikmati air terjun dan tebing vertikal, d sini juga terdapat beberapa kera ekor panjang yang seringkali menampakkan diri di atas tebing.
Untuk mengakses ke lokasi wisata ini memang tidak mudah, karena harus melewati jalan setapak dan terjal menuruni bukit. Mungkin ini alasan mengapa air terjun ini masih perawan dan belum banyak diketahui orang. Panorama alam yang tersaji juga akan membelalakan mata, karena hamparan hutan khas pegunungan dipadu dengan sejuknya udara tentu akan melepas penat yang ada di pikiran.

Lokasi Curug Sidoharjo

Curug Sidoharjo terletak di Dukuh Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Curug ini berada di antara perbukitan Pegunungan Menoreh yang membentang dari bagian selatan Kabupaten Kulon Progo hingga bagian selatan Kabupaten Magelang.

Rute Menuju Curug Sidoharjo

Jogja- Jalan Godean – Jembatan Progo – 4an Nanggulan – Belok kanan (utara) – 4an lampu merah dekso – belok kiri (barat) – Plang MTS 4 Samigaluh – masuk jalan kecil kiri jalan (naik ikuti jalan naik turun berkelok-kelok sekitar 5 km) – MTS 4 – Belok Kiri naik – Pertigaan ada Gardu Ronda – Titip Kendaraan.

Rute dari wisata kalibiru:

Anda yang sedang berwisata di Kalibiru dapat menuju ke air terjun ini dengan waktu tempuh sekitar 30-40 menit dengan rute: Kalibiru – Clereng – Girimulyo – 4an (lampu merah) nanggulan – 4an Dekso – dst (mengikuti rute di atas).

Source https://jogjakini.wordpress.com https://jogjakini.wordpress.com/2012/02/15/destinsi-baru-air-terjun-perawan-sidoharjo-kulonprogo/