Warning: unlink(/tmp/d444b0c5dce3bde2702f8c5694eb514d-JDx2K1.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Curug Sawer Wisata Alam di Majalengka

0 95

Curug Sawer

Curug Sawer merupakan salah satu tempat wisata alam yang terdapat di Majalengka, tepatnya di Desa Argalingga, Berjarak 22 km dari pusat keramaian kota Majalengka sehingga membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Curug sawer menjadi pilihan para pengunjung karena tempatnya nyaman, bersih dan masih alami. Curug ini memiliki ketinggian 900 – 1300 mdpl, dengan curah hujan 1.500 – 4.500 mm pertahun. Secara administrasi Lokasinnya Terletak di Desa Argalingga, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Propinsi Jawa Barat.

Legenda Curug Sawer

Konon, semua rangkaian Curug Sawer  tersebut tercipta setelah seorang sakti yang tinggal di kaki gunung Ciremai, yang merupakan leluhur masyarakat Argalingga, menyelenggarakan upacara Saweran di sungai Cipada untuk mendapat berkah Tuhan bagi dirinya dan semua keturunannya. Selanjutnya, ia bertapa selama bertahun-tahun hingga wafat. Menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat, jasad pertapa itu tidak hancur melainkan menjelma seekor ular raksasa yang kemudian hidup secara gaib dan menjadi penjaga kawasan tersebut. Selama tapanya, terjadi banyak peristiwa alam yang luar biasa sehingga di sepanjang aliran sungai muncul lima buah curug yang airnya memancar menyerupai upacara saweran. Itulah sebabnya, kelima rangkaian curug ini dinamakan Curug Sawer.

Aksesbilitas Curug Sawer

Berjarak sekitar 10 kilometer (km) sebelah timur Kota Maja atau +21.5 km dari pusat kota Majalengka.  Obyek wisata ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum (Colt Gundul / Bak Terbuka) dari Terminal Maja yang menuju ke desa Argalingga atau bisa juga menggunakan jasa ojek. Tapi, jauh lebih praktis kalau menggunakan kendaraan sendiri.

Selanjutnya untuk turun menuju air terjun ini harus melewati jalan setapak melalui kawasan perkebunan sayuran dan palawija.  Kondisi jalan setapak ini cukup curam dengan kemiringan sekitar 50 – 70 derajat, licin, rawan longsor dan penuh dengan semak belukar.  Jalan setapak ini biasa digunakan para pencari kayu bakar.

Harga Tiket Masuk Kawasan Curug Sawer

Bagi anda para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata curug sawer, jangan khawatir jika menikmati keindahannya harus membayar mahal, pengunjung yang datang hanya dipatok Rp. 3000 sebagai biaya tiket masuk. Selanjutnya anda bebas bermain dan berlibur sepuasnya.

Source Jalan wisata sites
Comments
Loading...