Curug Piit, Destinasi Wisata Alam Bogor Jawa Barat

0 298

Curug Piit 

Wisata air Curug Piit merupakan salah satu wisata alam yang berada di Kampung Hanjawar. Konon menurut cerita, dinamakan Curug Piit itu karena disekitar air terjun banyak dihuni burung pipit, dalam dialek sunda disebut manuk pi’it. Pipit adalah nama umum bagi sekelompok burung kecil pemakan biji-bijian yang menyebar di wilayah tropis Afro-Eurasia dan Australasia. adapun disebut Leuwi Batu Ngampar karena posisi aliran sungai yang terhampar panjang dengan sudut kemiringan berkisar 60 derajat.

Karakteristik Curug Piit 

Wisata air Curug Piit memiliki ketinggian + 70 meter, curahan airnya yang sejuk berwarna hijau tosca membentuk kolam besar berdiameter 10 meter dengan kedalamnya mencapai empat meter. Karena Desa wisata Malasari wilayahnya dikelilingi oleh dua aliran sungai besar yaitu sungai Cikaniki dan sungai Cidurian dengan puluhan anak sungai yang melintas didalamnya, maka selain curug piit masih terdapat 20 curug lainnya yang memiliki karakteristik yang beragam seperti curug MacanCurug CisaruaCurug Cikeris, dll. Semua air terjun tersebut menyebar dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak & Perkebunan teh Nirmala Agung yang pada umumnya terbentuk karena terjadinya patahan kulit bumi sehingga aliran air terpotong dan membentuk loncatan.

Lokasi Curug Piit 

Curug Piit adalah sebuah air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Obyek yang menarik di Taman Nasional Gunung Halimun antara lain Curug (Air Terjun) Piit setinggi sekitar 25 meter dan Curug Macan setinggi sekitar 7 meter.

Akses Menuju Curug Piit 

Untuk sampai di air-terjun Curug Piit (Curug Cihanjawar), kami harus menyusuri jalan setapak perkebunan teh Nirmala & melewati 6 kampung; total jaraknya adalah 10km. Dari guest-house Cikaniki, kami memulai perjalanan sejauh 2 km menuju stasiun pengamatan elang di puncak bukit perkebunan teh Nirmala. Dari situ, kami akan berjalan sejauh 8 km lagi untuk sampai di air terjun Curug Piit (melewati desa Citalahab & kampung Legok Jeruk).

Perjalanan itu dimulai dengan menggunakan bus dari Jakarta menuju Sukabumi. Bila Anda menggunakan bus umum, bisa turun di Parungkuda, sebuah kecamatan di pinggir jalan raya Bogor-Sukabumi. Jalan menuju ke Taman Nasional Gunung Halimun (TNGH) terletak di sebelah kanan.

Dari sini, pengunjung yang menggunakan mobil pribadi bisa meneruskan perjalanan. Sedangkan yang datang dengan bus atau kendaraan umum lainnya dapat menyewa truk atau minibus menuju Desa Citalahab sebagai starting point penjelajahan.

Harga Sewa Curug Piit 

Harga sewa truk mencapai Rp 300 ribu untuk sekali jalan. Keuntungannya bisa memuat banyak orang, namun kurang nyaman karena akan menempuh jalan berbatu. Sedangkan sewa minibus Rp200 ribu dan bisa menampung sampai sepuluh orang.

Harga Tiket Masuk Curug Piit 

Lama perjalanan menuju Citalahab sekitar tiga jam. Awalnya jalan aspal masih terbentang mulus hingga melewati kantor TNGH di daerah Kabandungan. Di sini pengunjung harus mendaftar terlebih dulu dan membayar tiket masuk Rp1.500 per orang dan asuransi Rp2.000. Bagi kalangan mahasiswa atau pelajar yang berkunjung untuk penelitian, tiket masuknya hanya Rp750 per orang.

Source wisata wisatahalimun
Comments
Loading...