Curug Nyogong Wisata Alam di Garut

0 56

Curug Nyogong

Curug Nyogong merupakan salah satu destinasi wisata alam yang begitu indah dilihat dari atas tebing dari kejauhan. Curug Nyogong merupakan tingkatan kedua setelah Curug Cialeuan. Lokasi air terjun ini secara administratif berada di Kampung Sawah, Desa.Mekarwangi, Kecamatan Cihurip. Kabupaten Garut. Lokasinya ke arah selatan Kota Garut, sekitar tiga jam perjalanan dari Garut kota. Selama perjalanan, Anda pun akan menemukan air terjun lain, salah satunya Curug Cibadak. “Nyogong” sendiri dalam bahasa Sunda artinya “menikung” dimana aliran air terjun melewatu batuuan besar dan berbelok-belok. Memang, aliran jatuhan Curug Nyogong sedikit berbelok dari aliran utama di atasnya, yaitu Curug Cialeuan. Adapun sumber aliran Curug Cialeuan dan Curug Nyogong adalah aliran Sungai Cisanggiri yang berhulu di sekitaran hutan Gunung Gelap.

Akses Jalan Menuju Curug Nyogong

Untuk mencapai lokasi nan asri dan sejuk ini diperlukan waktu setengah jam perjalanan melewati hutan. Sepanjang track dijamin tidak membuat Anda bosa. Anda bisa melihat keindahan hijaunya hutan. Nah, di lokasi air terjun, sensasi lain bisa Anda rasakan dengan bercengrama bersama dahsyatnya air terjun dengan debit air. Untuk renang dibutuhkan nyali lebih. Untuk berenang harap perhatikan safety karena banyak batuan dan cukup dalam. Di tebing bisa lompat ke dalam air alias rock jump.

Hati-hati terpeleset karena batuan yang ada licin. Airnya sangat segar dan bakal memancing Anda untuk berenang. Namun, bagi yang hanya ingin menikmati keindahan alam tak ada ruginya memotret di sekitaran lokasi. Namun jangan lupa karena daerah sini termasuk dingin, bawa pakaian tebal dan alas kaki yang pas buat ke hiking. Dijamin, Anda bakal mendapatkan gambar yang bagus untuk diunggah ke media sosial.

Rute Menuju Curug Nyogong

Jika Anda sudah sampai Garut, ambil arah ke Pameungpeuk. Kondisi jalan sepanjang Kota Garut hingga Kecamatan Bayongbong pada saat akhir pekan akan cukup ramai, sehingga disarankan untuk masuk Kota Garut sekitar jam 06.00 WIB. Kondisi jalan yang akan dilalui cukup baik hingga Kecamatan Cikajang dan relatif tidak terlalu banyak berkelok-kelok.

Selepas Kecamatan Cikajang, medan akan mulai memasuki daerah pegunungan. Jalan berkelok khas wilayah Selatan Jawa Barat akan menjadi medan utama hingga tiba di pertigaan Kecamatan Cihurip. Jalan masuk Curug Nyogong searah dengan Curug Cibadak, Garut. Namun perjalanan hanya sampai pertigaan masuk Desa Mekarwangi, yakni sebelum Desa Cisangkal.

Kecamatan Bayongbong. Setelah alun-alun Kecamatan Bayongbong akan ditemui pertigaan. Pertigaan ini merupakan pertemuan jalan dari jalur Samarang dengan jalur yang melalui Garut kota. Setelah pertigaan Bayongbong, patokan berikutnya yaitu Pasar Cisurupan.  Ikuti jalan utama menuju Cidatar dan Cikajang. Patokan berikutnya yaitu Pertigaan Papanggungan. Ambil arah kiri atau yang mengarah ke Cikajang dan Pameungpeuk. Patokan berikutnya yaitu pusat Kecamatan Cikajang.

Ikuti terus jalan utama hingga memasuki perkebunan teh. Patokan berikutnya yaitu objek wisata Batu Tumpang yang berada tepat di pinggir jalan. Setelah jalur dengan pemandangan perkebuna teh dan deretan perbukitan, jalur akan memasuki wilayah Gunung Gelap. Ambil rute ke Kecamatan Cihurip ke Desa Mekarwangi.  Bagi yang membawa kendaraan dapat parkir di Balai Desa. Perjalanan selanjutnya hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki melalui jalan setapak. Jarak jalan setapak ini hingga tiba di lokasi curug sekitar  kurang lebih 2 Km (setengah jam perjalanan) dengan melewati sawah, kebun, dan hutan belukar.

Source http://www.wisatajabar.com http://www.wisatajabar.com/2016/03/curug-nyogong-objek-wisata-yang-sedang.html
Comments
Loading...