Curug Mariuk, Wisata Alam di Kota Bogor

0 8

Curug Mariuk

Curug Mariuk adalah salah satu destinasi wisata alam yang berada di Kota Bogor. Air terjun ini bisa dibilang Surga Tersembunyi Hidden Paradise, karena pada saat akhir pekan pun air terjun ini hanya di kunjungi beberapa kelompok saja.

Lokasi Curug Mariuk

Curug mariuk berada di Cibadak, Sukamakmur, Bogor berdekatan dengan Curug Kembar & Ciburial 30 menit dari Curug Leuwi Hejo, dalam satu lokasi ini terdapat 2 air terjun Curug Mariuk dan Curug Batu Merah. Sepanjang perjalanan menuju air terjun kamu akan disugukan pemandangan lembah hijau, bahkan dikejauhan Curug Kembar dan Curug Hordeng terlihat dari tempat mu berjalan. Untuk bisa memulai perjalan menuju Curug Mariuk kamu bisa menitipkan kendaraanmu disebuah warung yang mengarah ke Curug mariuk, ditempat ini pula kamu bisa mencari seorang Pemandu guide.

Daya Tarik di Curug Mariuk

Bagi kamu yang pandai berenang akan sangat menyenang kan di air terjun kamu bisa berenang merasakan segar nya air, apa lagi jika kamu memiliki nyali untuk melompat clifjumping dari batu yang berada disamping air terjun. Untuk kamu yang tidak bisa berenang tidak disarankan untuk mencoba medekati air terjun tanpa alat bantu pelampung, Karena kolam nya sangat dalam. Jika tak membawa pelampung sebaik nya bermain di Air terjun yang berada dibawah aliran Curug Mariuk. Menurut seorang pemandu air terjun ini bernama Curug Batu Merah, dengan kolam yang tak terlalu dalam sekitar 1 meter tentu sangat aman untuk kamu yang tak bisa berenang.

Harga Tiket Masuk Curug Mariuk

Hingga saat ini belum ada tarif masuk ke area air terjun ini. Namun kamu harus membayar seorang pemandu guide yang akan mengatarmu sampai ke lokasi Curug Mariuk. Untuk mencapai air terjun kamu harus berjalan kaki trekking selama 1 jam  – 1 setengah jam, medan yang dilalui tak terlalu sulit hanya sedikit tanjakan itupun tak terlalu terjal, hanya saja kamu harus menyiapkan tenaga ekstra dan sepatu atau sandal yang mendukung untuk trekking.

Fasilitas Di Curug Mariuk

Sayang nya tak ada fasilitas apapun yang tersedia ditempat ini. Dulu nya tempat ini memang sempat dikelola namun karena faktor tertentu air terjun ini sudah tidak kelola lagi. Hanya terlihat bekas bangunan warung dan loket yang dibiarkan begitu saja. Jalur menuju air terjun didominasi oleh kebun kopi, jika beruntung kamu bisa menemukan kotoran Luwak tercecer dijalur menuju Curug Mariuk, kotoran luwak terkenal sebagai bahan baku utama Kopi Luwak yang harganya cukup mahal.

Rute Menuju Ke Curug Mariuk

Dari Jakarta ataupun Bekasi pertama kamu harus menuju Cibinong tepatnya Pasar Cibinong, dari Cbinong terus ikuti jalan hingga Pasar Citeurep, dari Pasar Ada 2 dua jalur yang kamu lalui Via Bukit Hambalang ataupun Via Sentul City. Jika lewat hambalang kamu tinggal masuk jalan yang ada disamping Pasar Citeureup, lalu mengikuti jala sampai menemukan sebuah pertigaan yang berada dijalur berkelok, nanti disitu ada pentunjuk arah belok kanan menuju Cibadak kamu ambil arah itu sampai bertemu pertigaan yang ada petunjuk arah Curug Kembar ikut pentunjuk tersebut, tapi jangan sampai curug kembar nya patokan mu ada sebuah tanah lapang dengan pemandangan luas dan terdapat satu satu nya warung Jika lewat jalur sentul city kamu tinggal mengarahkan kendaraan mu menuju junggel land mengarah ke Curug leuwi Hejo dari Curug Leuwi Hejo kamu masih terus mengikuti jalan sampai bertemu pertigaan. Selanjut nya seperti rute yang diatas.

Akses Menuju Curug Mariuk

Jalan berkelok kelok dan menajak akan jadi medan utama ketika sudah memasuki kawasan Citeureup, Jalan mendekati air terjun sudah di Cor namun di beberapa bagian rusak cukup parah, Tanjakan terjal dan panjang pun akan kamu lewati. Akan lebih mudah jika kamu membawa motor jenis Trail.

Tips Jika Ingin Ke Curug Mariuk

  1. Jika kamu melewati jalur Sentul City bersiaplah, karena dijalan mengarah ke Curug Leuwi Hejo akan ada beberapa kelompok oknum pemuda yang meminta sumbangan dijalan (entah sumbangan untuk apa) dengan cara sedikit memaksa.
  2. Pastikan kondisi kendaraanmu dalam kondisi baik untuk menempuh medan menanjak.
  3. Bawalah bekal maknan dan minuman dan pastikan mencukupi, kamu akan menempuh trekking cukup jauh.
  4. Bawalah Jas Hujan ataupun Payung Lipat, jarak nya cukup dan tidak ada tempat berteduh.
  5.  Pakai lah sepatu ataupun sandal yang diperuntukan untuk beraktivitas outdoor.
Source http://www.kesininih.com http://www.kesininih.com/2017/09/curug-mariuk-curug-batu-merah-lokasi.html
Comments
Loading...