Curug Leuwi Lieuk, Pesona Kolam Hijau Yang Tersembunyi di Kota Bogor

0 343

Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk merupakan salah satu tempat wisata air terjun yang ada di Bogor, Jawa Barat atau tepatnya di kawasan Sentul. Pemandangan alam di Leuwi Lieuk  masih sangat alami dan hampir sama dengan tempat wisata Green Canyon di Pangandaran. Leuwi dalam bahasa Sunda memiliki arti lubuk (bagian yang paling dalam dari sungai). Kawasan Sentul memiliki berbagai Leuwi / Lubuk Cantik yang lokasinya tersembunyi sehingga masih jarang dikunjungi, salah satu yang paling bagus adalah Curug Leuwi Lieuk.

Lokasi Curug Leuwi Lieuk

Letak Curug Leuwi Lieuk masih berada dalam satu wilayah dengan Leuwi Hejo dan juga Ceupeut, tepatnya ada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Madang, Kabupaten Bogor (Kampung Wangun Cileungsi), Jawa Barat.

Akses Menuju Curug Leuwi Lieuk

Akses menuju lokasi cukup mudah dijangkau, kondisi jalan disekitaran Leuwi dapat dilewati mobil dan beraspal dengan baik. Namun akan lebih baik lagi kalau kesini dengan menggunakan sepeda motor. Leuwi Lieuk tidak kalah indahnya dengan leuwi yang lainnya yang ada di Sentul. Namun jika Anda ingin liburan disini, tentu membutuhkan tenaga ekstra karena akses menuju lokasi yang cukup jauh dan memutari bukit di sekitarnya. Lama waktu perjalanan kurang lebih 40 menit, namun semuanya tergantung dari kecepatan perjalanan / kodisi fisik Anda.

Walaupun pengunjung mesti berjalan dengan menyusuri bukit dan medan yang berkelok, namun justru hal ini yang menjadi daya tarik Leuwi Lieuk, Anda dapat melakukan petualangan sepanjang perjalanan dengan disuguhkan pemandangan alam bernuansa hutan yang rindang. Saat melakukan perjalanan menuju Leuwi Lieuk, Anda akan menjumpai curug lainnya yang bernama Curug Cepeut. Dari Curug Cepeut sebenarnya bisa langsung menuju Leuwi Lieuk, namun dengan menyusuri aliaran sungai sehingga brang bawaan akan basah dan kurang aman juga. Jadi lebih baik melanjutkan perjalanan mendaki bukit dengan medan yang lebih terjal.

Keunikan Curug Leuwi Lieuk

Keunikan Leuwi Lieuk adalah kondisi airnya yang sangat bening, selain itu di sepanjang aliran Sungai Anda tidak akan menjumpai lumut yang umumnya menempel dibatu yang dialiri air sungai. Kalau bening saja mungkin sangat mudah bagi kita untuk menemukan sugai dengan kondisi yang demikian, namun bening dan tidak berlumut itu baru luar biasa.

Aktivitas Curug Leuwi Lieuk

Aktivitas yang paling menyenangkan saat berada di Curug Leuwi Lieuk tentu berenang dan bermain air yang sangat jernih. Anda juga dapat melompat dari atas curug dan mengabadikan moment yang sangat asyik ini, atau menelusuri aliran air dan sesekali berjemur di atas bebatuan besar untuk menghangatkan badan saat mulai kedinginan.

Harga Tiket Curug Leuwi Lieuk

Walau memiliki keindahan alam yang jarang Anda jumpai, namun untuk liburan di Curug ini Anda tidak perlu mengeluarga banyak biaya. Harga tiket masuk tempat wisata di bogor ini cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp 10.000/ orang. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 /motor atau Rp 10.000 /mobil.

Fasilitas Curug Leuwi Lieuk

Fasilitas yang ada di kawasan wisata Curug Leuwi Lieuk terbilang cukup lengkap. Disana terdapat area parkir yang cukup luas, tempat penitipan barang, lalu juga ada warung makan, tempat berbilas/ganti dan mck serta yang lainnya.

Source wisata dolananblogger
Comments
Loading...