Curug Lalay dan Curug Pengantin Wisata Alam di Karawang

0 228

Curug Lalay dan Curug Pengantin

Curug Lalay dan Curug Pengantin merupkan salah satu wisata yang menawarkan kesejukan dan petualangan. Bersama komunitas Travelmate Adventure, perjalanan kali ini saya mengunjungi sebuah curug di Kecamatan Cariu yang mungkin masih banyak orang belum tahu keberadaannya. Curug tersebut adalah Curug Lalay dan Curug Pengantin. Alasan kami mengunjungi Curug ini adalah selain lokasi yang masih dekat dengan Jakarta, jalur untuk menuju curug ini juga memadukan nuansa pedesaan yang asri, dengan sawah, gunung dan udara yang sejuk.

Curug Lalay dan Curug Pengantin terletak di kaki gunung Sangga Buana yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Karawang dengan Kabupaten Bogor atau tepatnya terletak di Kampung Tonjong, Desa Cikutamahi I, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor. Setelah menginap di rumah teman kami di daerah Gunung Putri, paginya kami pun bergegas untuk melanjutkan perjalanan menuju Curug Pengantin. Target kami tiba di lokasi parkiran Curug Ciomas yang merupakan start awal perjalanan menuju Curug Pengantin adalah pukul 07.00 WIB. Hal ini dikarenakan akses menuju lokasi yang lumayan sulit dan cukup jauh berjarak sekitar hampir 3 jam.

Kami Tiba di Curug Ciomas sekitar pukul delapan pagi. Dan langsung bergegas memulai perjalanan menuju curug sekitar pukul setengah sembilan pagi. Untuk biaya masuk kami hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 rupiah per orang. Jumlah ini sudah termasuk dengan tiket parkir. Setelah 2,5 jam trekking, akhirnya kami tiba di Curug Lalay. Nama Lalay diambil dari bahasa Sunda yang artinya kelelawar. Curug Lalay memiliki ketinggian sekitar 7-9 meter dengan 2 undakan ini dan memiliki kedalaman sekitar 1-3 meter. Buat yang tidak bisa berenang sebaiknya main air di pinggir saja.Dari Curug Lalay, kami langsung melanjutkan perjalanan ke Curug Pengantin dengan rute yang sangat ekstrem. Rute yang harus kami lalui adalah mendaki bukit atau tebing terjal dari sisi Curug Lalay dengan kemiringan mencapai 45 derajat dengan merambat di antara akar pohon dan seutas tali. Dari atas Tebing ini sudah terlihat jelas Curug pengantin dengan 2 aliran yang mengalir dari atas. Curug Pengantin luar biasa indahnya, Curug Pengantin memiliki 5 tingkat yang berkisar 15 meter setiap tingkatnya, airnya pun jernih dan bersih dan tentunya menyegarkan.

Curug Pengantin, begitu namanya dikenal mungkin karena curug kembar berdampingan seperti sepasang pengantin di pelaminan. Ketinggiannya lebih dari 40 meter. Hanya tingkatan pertama dan kedua dari Curug Pengantin masih bisa didaki, Ke atasnya lagi tidak bisa dikarenakan tidak ada akses akses jalan. Fasilitas di sekitar curug ini sangat minim. Di setiap perjalanan dan sekitar lokasi hanya ada beberapa warung yang menjual mie instan, kopi, dan minuman hangat lainnya. Jadi, sebaiknya jika berniat berkunjung ke curug ini lebih baik bawa bekal.

Source Jalan Wisata backpackerjakarta.com
Comments
Loading...