Curug Pengantin Baturraden Banyumas

0 159

Curug Pengantin

Curug Pengantin adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Cirahab, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas. Mungkin memang belum terkenal seperti Curug Curug lain di Banyumas, namun air terjun ini tak kalah indahnya dari yang lain. Air terjun ini kurang lebih 8 km dari Kecamatan Wangon. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 25 m. Debit air di air terjun ini cukup besar bila sedang musim penghujan, namun jika kemarau debit airnya tidak begitu besar, namun tidak pernah kering. Akses jalan menuju air terjun ini memang tidak begitu sulit, namun perlu kewaspadaan dan kehati hatian. Untuk menuju ke air terjun ini bisa menggunakan kendaraan bermotor, namun harus dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 800 m.

Jadi, Curugnya dua, berundak-undak. Untuk menuju ke Curug tidak dapat menggunakan sepeda motor, harus ditempuh jalan kaki sejauh 500 meter. Itu bisa jadi wisata hiking atau olahraga dalam udara sejuk.

Asal mula Curug Pengantin

Asal usul nama air terjun pengantin yakni konon katanya ada sepasang pengantin yang sedang berbulan madu berwisata ke Curug. Saat pasangan pengantin tersebut duduk di sebuah batu besar di bawah curug mereka dengan asiknya bersenda gurau. Menikmati keindahan alam dan bermain cipratan air. Namun di saat asyik memadu cinta tidak sengaja sang pengantin wanita terpeleset dan dengan spontan pengantin pria menolong dengan tangannya.

Bukanya pengantin wanita selamat, tapi mereka bedua malah terjatuh ke dalam air dan pasangan pengantin itu hilang. Keduanya menghilang, tanpa diketahui kemana mereka berdua menghilang. Sejak saat itulah air terjun ini dinamakan Air Terjun Pengantin.

Source wisata banyumas
Comments
Loading...