Curug Gendang Wisata Alam di Banten

0 10

Curug Gendang

Curug Gendang merupakan salah satu wisata alam yang berlokasi Banten Tepatnya di Kecamatan Carita dan berjarak kurang lebih 4 kilometer dari Jalan Raya Carita, Curug Gendang merupakan perpaduan dari hutan yang lebat, jalan setapak yang berliku-liku, panorama alam yang indah, dan air terjun yang jernih. Curug Gendang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Jarak 3 kilometer dapat ditempuh dengan kendaraan baik itu roda 2 maupun roda 4 sedangkan 1 kilometer lagi merupakan jalan setapak yang ditempuh dengan berjalan kaki.

Air Terjun Curug Gendang yang berada sekitar 170 meter di atas permukaan laut (dpl) ini berasal dari hulu mata air Gunung Panganjaran. Mulanya bernamaCitajur. Namun karena suara air terjunnya yang mirip dengan suara gendang atau tambur, masyarakat setempat kemudian menamainya Curug Gendang. Konon, kawasan Curug Gendang ini dahulunya digunakan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia sebagai tempat persembunyian dari kejaran tentara Belanda.

Sedikit berolahraga tentunya menyehatkan tubuh apalagi hal tersebut dilakukan di alam terbuka yang udaranya masih sangat bersih dan sejuk. Setelah lelah anda menempuh 1 kilometer dengan berjalan kaki di jalan setapak yang cukup “menantang”, Rasa lelah anda akan terobati begitu sampai di lokasi air terjun. Anda dapat menikmati sejuk dan jernihnya air pegunungan. Posisi anda akan berada di sungai sisi atas dari Curug Gendang. Di sekeliling merupakan hutan yang masih sangat alami dengan pohon yang sangat tinggi. Anda dapat melihat sekelompok kera berekor panjang yang bergelantungan di pepohonan di sekitar sungai.

Air terjun Curug Gendang memiliki ketinggian 7 meter dengan kedalaman 13 meter dan luas 10 meter. Suara air terjunnya bagaikan suara gendang. Bagi anda yang ingin menguji nyalinya dapat melompat dari tebing-tebing batu yang terdapat di bagian atas Curug Gendang. Di sungai terdapat kolam kolam kecil dengan air yang bening sangat memikat pengunjung untuk segera menceburkan diri ke dalamnya.

Source http://anyerpedia.com http://anyerpedia.com/curug-gendang-wisata-bagi-pecinta-alam/
Comments
Loading...