Curug Gantung Indrokilo Semarang

0 80

Curug Gantung Indrokilo

Curug Gantung Indrokilo adalah sebuah air terjun yang tersembunyi di lereng Gunung Ungaran yang sampai sekarang masih belum banyak tahu keberadaan air terjun ini selain beberapa orang saja di dusun Indrokilo, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Curug ini di temukan oleh seorang penduduk Desa Indrokilo, yang awalnya sangat penasaran dengan di manakah hulu atau hilir air curug benowo ini berasal.

Menuju ke Curug Gantung Indrokilo memerlukan nyali dan fisik yang baik, kita dapat menempuh setengah perjalanan dengan naik sepeda motor. Walaupun naik motor, perjalanan tidak mudah, karena kita akan menjumpai tanjakan maupun turunan yang ekstrem dan sepanjang kanan kiri kita tebing dan jurang. Maka harus ekstra hati-hati. Jalur ini hampir sama dengan jalur menuju Puncak Gunung Ungaran tapi lewat Desa Indrokilo ini, yang mana jalur menuju puncak ini telah di buatkan oleh pemuda-pemuda Desa Indrokilo.

 

Setelah sampai di pos 2 di hutan pinus kita harus berjalan kaki menuju Curug Gantung Indrokilo ini. Awalnya kita di sambut dengan hutan kopi yang banyak terdapat disini yang di kelola oleh penduduk Desa Indrokilo, lepas dari hutan kopi kita akan menjumpai hutan yang masih perawan yang sangat jarang orang melewati jalan ini. Jalan berliku-liku serta naik turun mulai kita jumpai. Ada beberapa jalan pada kawasan ini sudah di beri tanda oleh para pemuda Desa indrokilo ini supaya kita lebih berhati-hati karena jalan ini rawan longsor. Jalan setapak yang hanya sekitar 40 cm akan kita jumpai terus di mana sepanjang jalan ini kanan kiri kita adalah tebing dan jurang.

Pada jalan ini kita akan menjumpai pohon-pohon liar dengan ukuran yang besar yang sangat jauh dari jangkauan tangan-tangan manusia yang jahil. Ada beberapa tempat favorit untuk mengabadikan momen kita sepanjang perjalanan ini seperti sebuah pohon yang besar yang melengkung di atas sebuah jurang dan sebuah jalan di mana sebelah kanan kita jurang dimana sepanjang jurang itu sebuah sungai cantik mengalir dengan indahnya. Lekuk-lekuk sungai sangat menawan hati kalau kita dapat melihat secara langsung.

Setelah kira-kira satu jam kita melewati hutan yang masih lebat yang dalam perjalanannya kita akan di hibur oleh suara burung liar yang berkicau dengan indahnya, kita mulai menuju jalan dengan trak melewati sungai. Kita akan berbasah ria selama dua jam menuju Curug Gantung Indrokilo ini dengan pemandangan yang sangat elok sekali. Batu-batu sungai yang besar mudah kita temui di sungai ini dengan diselingi curug-curug kecil banyak sekali akan kita temui.

Di tengah perjalanan akan kita temui sebuah tebing yang tingginya kurang lebih 120 M. Dan yang paling menarik ditebing ini adalah bekas longsor di mana bekas longsoran di bawahnya porak poranda dimana pohon-pohon besar tumbang akan kita temui di tengah perjalanan ini. Tidak bisa di bayangkan lereng sebegitu tingginya longsor, padahal di lereng itu masih terdapat pohon-pohon yang sangat besar. Betapa hebatnya kekuatan alam sampai bisa melongsorkan tebing itu. Bekas longsor masih dapat kita saksikan dengan batang-batang pohon yang besar ada di sepanjang sungai ini.

Ada yang lebih menarik lagi setelah kita melewati bekas longsoran tebing ini. Kita akan dapat banyak menemui rumah kijang liar sepanjang tebing sungai ini. Sebuah surga kehidupan bagi satwa liar untuk hidup disini. Bekas kotoran maupun jejak kaki kijang liar akan banyak ditemui sepanjang sungai ini. Serta pucuk-pucuk daun yang di makan kijang liar ini akan banyak kita temui juga. Alam yang patut di jaga untuk kelestarian marga satwa.

Sebenarnya perjalanan ini tidaklah jauh, hanya akses menuju ketempat Curug Gantung Indrokilo ini masih alami jadi mau tidak mau kita harus menyesuaikan keadaannya. Setelah kita menyusuri sungai ini kira-kira dua jam dengan sulitnya medan di sepanjang sungai ini, kita akan menjumpai Curug Gantung Indrokilo ini. Sebuah curug yang menjorok kedepan pada sebuah lereng yang terjal yang sangat indah. Stalaktit yang menempel pada dinding di bawah curug sangat eksotik untuk dapat kita nikmati. Perjalanan yang sangat ekstrem yang kita lewati menuju tempat ini sangat terbayarkan setelah sampai di Curug Gantung Indrokilo  ini.

Tidak sampai disini saja perjalanan ini, karena penasaran yang sangat tinggi ingin menemui hilirnya, maka perjalanan di lanjutkan lagi. Tidak lama kita menemui sebuah curug lagi yang sangat eksotis di mana curug ini bertingkat dua dengan ketinggian kira-kira 70 M. Tapi sayangnya curug bertingkat ini posisi yang paling atas tidak kelihatan kalau di abadaikan karena terhalang oleh rimbunannya pohon di lereng Curug Gantung Indrokilo ini. Dan perjalanan ini terhenti karena ada curug lagi di samping curug bertingkat ini dengan air yang sangat deras dan medan yang tidak memungkinkan untuk di lanjutkan kembali.

Sebuah perjalanan yang sangat menarik dan menantang untuk bisa mengabadikan Curug Gantung Indrokilo ini. Selain tempatnya yang eksotik, Curug Gantung Indrokilo  ini belum ada yang mengabadikan keberadaannya selama ini. Selain itu juga selama perjalanan kita akan menikmati alam yang eksotik dengan segala keindahannya, jauh dari jangkauan tangan-tangan usil manusia. Semoga Curug Gantung Indrokilo  tetap seperti ini kalaupun nanti banyak yang hadir untuk ikut menikmati keindahannya.

Source https://myimage.id https://myimage.id/curug-gantung-indrokilo/
Comments
Loading...