Curug Cisalada Wisata Alam di Subang

0 281

Curug Cisalada adalah salah satu wisata air terjun yang memiliki ukuran yang kecil yaitu hanya sekitar 5 meter. Belum ada informasi yang jelas mengenai penamaan dari air terjun ini. Jika diterjemahkan secara kata per-kata. Curug Cisalada berasal dari bahasa sunda. Curug yang berarti “air terjun”. Sedangkan Cisalada berasal dari dua suku kata, yaitu Ci yang berarti “air”, dan salada yang berarti “tanaman selada”. Jika diartikan secara harfiah maka air terjun ini tidak memiliki arti yang jelas karena arti dari nama air terjun ini memiliki konotasi yang berbeda. Namun, menurut warga sekitar penamaan dari air terjun ini adalah karena dahulu di sekitar air terjun ini banyak terdapat perkebunan selada.

Fasilitas Curug Cisalada

Curug Cisalada ini berada dibelakang sebuah villa pribadi milik warga sekitar, dan pemerintah desa pun belum mengelola air terjun ini secara maksimal, maka belum ada fasilitas umum yang bisa digunakan ditempat ini seperti toilet atau mushola. Ditempat ini hanya tersedia lahan parkir yang terbatas serta toilet yang berada diluar dan milik penghuni villa.

Tiket Masuk Curug Cisalada

Belum ada retribusi resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah desa untuk bisa masuk ke kawasan Curug Cisalada ini. Namun pemilik villa mengenakan biaya sebesar 5.000 rupiah/orang. Serta retribusi untuk parkir kendaraan sebesar 5.000/motor.

Lokasi Curug Cisalada

Secara administratif, Curug Cisalada ini berlokasi di Desa Nagrak, Kecamtan Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Rute Menuju Curug Cisalada

Untuk bisa sampai ke lokasi kawasan wisata Curug Cisalada ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Namun setelah sampai di lokasi, kendaraan harus diparkirkan dilahan parkir sebuah villa berwarna kuning. Dan selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter menuju Curug Cisalada.

Jika kamu bertolak dari arah Kota Bandung, kamu tak usah khawatir karena jalan menuju kawasan Subang sudah sangat baik. Bahkan air terjun ini dekat sekali dengan pemandian air panas Sariater Subang yang sudah banyak orang tahu. Berikut adalah rute singkat dari Kota Bandung menuju Curug Cisalada Subang : Kota Bandung – Lembang – Jalan Raya Tangkuban Perahu – Sariater – Desa Nagrak.

Patokan yang paling mudah adalah terlebih dahulu mengunjungi kawasan wisata pemadian air panas Sariater. Setelah sampai pada pintu masuk pemandian air panas Sariater, ambil arah kanan yang menuju Desa Nagrak. Kurang lebih sekitar 3 Km dari Sariater kamu akan mendapatkan pintu masuk dari Curug Cisalada yang terdapat sebuah vila berwarna kuning.

Source Jalan Wisata ridwan
Comments
Loading...