Curug Ciporolak Wisata Alam di Lebak Banten

0 111

Curug Ciporolak

Curug Ciporolak merupakan destinasi wisata alam yang berada di Lebak Curug ini dikenal sangat indah yang terletak di Ujung Selatan Kabupaten Lebak, tepatnya di Desa Hegarmanah atau Lebak Picung, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak Banten. Selain itu, nama Curug atau Air Terjun Ciporolak sendiri di ambil dari bahasa Sunda yang terdiri dari dua suku kata yaitu “Ci/Cai” yang berarti “Air” dan “Porolak/Morolok” yang berarti “Berjatuhan”, kemudian jika dua kata tersebut disatukan maka akan menjadi sebuah frasa yang berarti “Air yang Berjatuhan”.

Keindahan Curug Ciporolak

Curug Ciporolak selalu ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati indahnya wisata alam yang masih perawan ini. Namun sejauh ini Curug Ciporolak hanya dikelola oleh masyarakat sekitar dengan fasilitas yang masih sangat sederhana dan seadaanya. Andai saja potensi ini dikelola dengan baik dan benar bukan tidak mungkin kedepannya Curug Ciporolak yang berada di Kecamatan Cibeber ini akan menjadi salah satu destinasi wisata alam terbaik di Lebak-Banten bahkan di Indonesia.

Curug ini berada masih belum bisa dijangkau menggunakan kendaraan bermotor, hal ini dikarenakan untuk menuju kesana hanya ada jalan setapak dengan medan yang naik turun perbukitan sehingga tidak memungkinkan untuk melakukannya. Karena itu, setelah sampai di Desa Hegarmanah ataupun Lebak Picung biasanya para pengunjung masih harus berjalan kaki untuk mencapai lokasi tepatnya Curug tersebut.

Rute Menuju Curug Ciporolak

Curug Ciporolak berada pada aliran sub-das cimadur, dengan ketinggian air terjun ini mencapai 35 meter, dan curug ini memiliki ciri khas curahan air terjunnya berundak-undak pada dasar sungai. Jarak dari Kota Rangkasbitung ke Curug Ciporolak adalah 142 KM. Menuju Curug Ciporolak bisa melalui beberapa rute. Menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Khusus untuk rute kendaraan pribadi akses yang tercepat melalui rute Rangkasbitung – Bojongleles – Cileles – Simpang Gunungkencana – Malingping – Simpang Wanasalam – Simpang Bayah – Cikotok – Desa Hegarmanah – Kp. Lebak Picung – Curug Ciporolak dengan kondisi jalan yang relatif baik sebagian besar sudah betonisasi.

Source https://www.bantensite.com https://www.bantensite.com/2017/03/curug-ciporolak-air-terjun-menawan-di.html
Comments
Loading...