Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-ywbz3i.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Curug Cipanundaan Wisata Alam di Karawang

0 140

Curug Cipanundaan

Curug Cipanundaan adalah salah satu wisata curug alami yang berada di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Propinsi Jawa Barat. Curug ini juga berada di Kaki Gunung Sanggabuana yang populer tersebut. Sehingga selain kita bisa meliat keindahan dari Curug penuh pesona ini, kita juga akan disuguhi berbagai pemandangan Gunung Singgabuana yang begitu rindang, hijau dan mempesona.

Curug Cipanundaan berada di kaki Gunung Sanggabuana dengan 3 buah curug jadi satu dalam satu areal seperti tangga, dimana curahan air dari atas masuk ke kolam kesatu lalu turun lagi di kolam kedua dan selanjutnya turun lagi ke kolam ketiga. Kondisi curug ini masih alami. Di atas Curug Cipanundaan ini masih ada dua curug lagi, yaitu Curug Cikarapyak dan Curug Cikoleangkak. Untuk menuju ke dua curug ini cukup berat dan membutuhkan stamina yang prima karena lokasinya cukup jauh dengan melewati jalan setapak menelusuri sungai berbatu, meniti tebing yang naik turun, menerabas semak dan hutan belukar.

Akses Menuju Curug Cipanundaan

Untuk Menuju Curug Cipanundaan ini berada di sekitar kurang lebih 42 km dari pusat pemerintahan Kota Karawang. Untuk akses menuju curug ini cukup menantang dan berbahaya, namun menyajikan berbagai keindahan alam di sepanjang perjalanan. Salah satunya adalah Jalan menuju ke Curug Cipanundaan yaitu jalan yang berupa jalan setapak yang cukup berliku dan licin. Dengan kondisi medan yang naik dan turun, tak jarang kita pun akan menyeberangi berbagai sungai berbatu besar yang membelah kaki Gunung Singgabuana. Kondisi sungai yang cukup licin dengan aliran cukup deras, cukup menyulitkan kita menuju curug tersebut.

Tak hanya itu, kita akan melewati berbagai medan yang berbahaya seperti disisi kanan, kita akan memanjat berbagai tebing yang terjal dan licin. Serta di kirinya akan kita temui berbagai jurang dalam lengkap dengan aliran sungainya yang deras.