Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-n9hT79.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Curug Cimanintin Wisata Alam di Tasikmalaya

0 229

Curug Cimanintin

Curug Cimanintin adalah salah satunya wisata alam yang berada di Tasikmalaya, Curug ini berlokasi di Kampung Dingdingari, Desa Tanjungsari, Kecamatan Salopa. Curug Cimanintin memiliki pemandangan yang sangat indah. Kesejukan alamnya khas., arinya yang mengalir jernih alami. Itu membuat curug ini menjadi daya tarik bagi pengunjungnya.

Aksesbilitas Curug Cimanintin

Untuk menuju ke Curug Cimanintin Jalannya berliku – liku melewati kebun campur, sawah dan tegalan sampai pada akhirnya masuk ke perkebunan karet. terus di pertengahan jalan terdapat simpang jalan menuju kampung Joho. Diawal perjalanan berupa jalan aspal mulus, setelah masuk pemukiman jalan mulai kurang enak. Di simpang jalan Kampung Joho yang merupakan akses jalan terakhir ditandai dengan plang nama. Perjalanan dengan roda 4 maupun roda 2 berakhir di ujung jalan pemukiman. Setelah itu sobat titipkan kendaraan disini di halaman rumah penduduk. Pada saat ini pengunjung sudah mulai banyak, terutama dihari libur sabtu dan minggu. Jalan kaki melewati sawah, kebun, tegalan dan belukar akhirnya sampai pada batu besar. Dari balik batu besar itulah terlihat curug yang kita cari dari ketinggian sekitar 80 m. Curug Cimanintin berbentuk seperti tirai air yang cukup deras.

Keindahan Curug Cimanintin

Keindahan panorama alam kesejukan air terjun cimanintin dapat dirasakan langsung ketika kita datang ke daerahnya,gemuruhnya air yang datang dari air curugan air tersebut terdengar dalam jarak 200 meter dari air terjun sebelum dan ke asrian pepohonan yang berada di daerah tersebut sangat nyaman dengan kesejukan yang menambah ke indahan hutan rimbun  yang berada di lokasi wisata tersebut selain itu pula selum itu pula kita langsung di suguhi oleh ke indahan kot tasikmalaya yang yang bisa dilihat dari pesawahan yang berada sebelum masuk kawasan lokasi air terjun cimanintin dan dari pesawahan kita bisa lihat pemandangan indah ke sebelah utara kita bisa lihat lereng gunung gunung aseupan dan gunung Bongkok dan sebelah selatan kita bisa lihat pemandangan orang asli penduduk si sana sedangmembajak sawah dan penanaman pertanian yang beada di pedesaan asli.

Sejarah Curug Cimanintin

Air terjun cimanintin banyak di kerumuni oleh burung manintin yang datang dari  tempat tempat lain seperti dari kecamatan atau desa lain kemudian datang ke air terjun tersebut dan menetap di lereng lereng /goa yang berada di air terjun tersebut sampai akhirnya air terjun cimanintin dijadika tempat sarang burung manintin yang berlabuh di air terjun tersebut maka disebutlah air terjun cimanintin yang berada di kampung babakan joho desa tanjungsari Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya tahun 1972 datang ke daerah tersebut mahasiswa Belanda yang datangnya yaitu dari Universitas di Belanda entah apa nama Universitas tersebut yang jelas datang nya tersebut yaitu untuk berpetualang dan panjat tebing di dingding air terjun tersebut. Kemudian di tahun 1973 datang lagi mahasiswa dari belanda pada jaman tersenut terdapat di jidat dinding yaitu tulisan VOC yang lama ke lamaan sampai saat ini hilang karena terkikis oleh keadaan alam dan termakan oleh waktu.

Source Jalan Wisata wisata
Comments
Loading...