Curug Cikarapyak, Wisata Alam di Karawang Jawa Barat

0 175

Curug Cikarapyak

Curug Cikarapyak merupakan salah satu wisata curug alami berada di atas Curug Cipanundaan yang sangat indah dan menarik. Perjalanan untuk menuju curug tersebut bisa dibilang sangat berat, karena kita harus melalui berbagai jalan setapak. Selain itu kita harus menelusuri berbagai sungi besar yang berbatu dan bejalan di tebing yang naik turun, serta menerabas berbagai semak belukar. Curug Cikarapyak berada di sebuah desa wisata yang berlokasi di Gunung Sanggabuana. Desa tersebut bernama Desa Kutamaneuh yang berada di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Fasilitas Curug Cikarapyak

Fasilitas yang dimiliki tempat wisata ini cukup lengkap dan memadai. Dengan dilengkapi berbagai fasilitas yang ada, mulai dari loket karcis, MCK yang bersih, shelter mobil dan kolam renang. Di Curug Cikarapyak juga dilengkapi dengan rambu-rambu obyek wisata yang akan membuat kita aman. Serta ada tempat sampah yang bisa kita temui disekitar wisata ini. Mengingatkan saja, jangan membuang sampah disembarang tempat di sekitar wisata Air Terjun Cikarapyak.

Tiket Masuk Curug Cikarapyak

Untuk masuk ke are wisata curug ini, kita hanya perlu membayaar tiket masuk dengan harga sekitar Rp 5000 per orang. Sedangakan biaya keamanan parkir sekitar Rp 5000 untuk kendaraan yang beroda dua. Serta membayar Rp 7000 bagi kendaraan yang beroda empat.

Akses Menuju Curug Cikarapyak

Air Terjun Cikarapyak berjarak sekitar 44 KM dari pusat kota Karawang. Kita bisa menempuh jarak itu dengan waktu satu jam, itupun jika tidak ada halangan. Halangan yang dimaksud adalah jalan yang masih belum diaspal dan keadaan sungai dan jembatan yang masuh rapu. Sehingga tak jarang, ketika kita berkunjung ke sini, maka akan bergantian untuk menyeberang jembatan tersebut. Takutnya jika kita menggunakan dua sekaligus mobil yang menyeberang, jembatan akan ambruk dan runtuh. Curug yang berjarak sekitar 44 km dari kota Karawang bisa kita lalui dengan berbagai kendaraan. Namun bisanya yang kita temui adalah kendaraan beroda dua dan beroda empat dengan kondisi aspal yang cukup berpasir.

Rute Menuju Curug Cikarapyak

Rute pertama: Dari Kota Karawang kita memasuki Jalan Tol Cikampek hingga sampai ke pintu Tol Kantor Asper dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja. Selanjutnya jika kita sudah mencapai pintu Tol Kantor Asper perjalanan diteruskan menuju Parakan Badak yang berjarak kurang lebih sekitar 10 km. Sesampai di Parakan Badak, kita mengambil rute menuju arah ke Desa Jayanti yang berjarak sekitar kurang lebih 3,5 km. Setelah parkir di sekitar desa tersebut, perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki dengan rute jalan setapak yang berjarak sekitar 2 km.

Rute kedua : Dari Cikarang Baru kita melewati Desa Delta Mas menuju ke Bendungan Cibeet lalu memasuki Pangkalan Loji hingga sampai di Desa Jayanti. Selanjutnya perjalanan kita akan di teruskan dengan perjalanan sekitar 2 km dengan berjalan kaki.

Rute ketiga : Kita yang memiliki roda dua atau sepeda montor bisa melalui alur dari Kota Jakarta. Setelah itu memasuki Kota Cibubur dan masuk ke daerah sekitar Cariu. Ketika sampai di daerah Cariu, Bodor lalu belok kiri menuju Pasar Loji. Setelah tiba di sekitar tempat wisata, kita melakukan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Curug Cikarapyak dengan medan yang menantang dan berbahaya. Namun memiliki pemandangan yang begitu mengesankan dan indah tentunya.

Source Jalan Wisata lihat.id
Comments
Loading...