Curug Cigumawang Wisata Alam di Serang

0 42

Curug Cigumawang

Curug Cigumawang ini menjadi obyek wisata alam yang berada di Desa Kadu Bererum, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter. Air dari curug ini berasal dari sumber mata air yang berada di Gunung Buntu. Jika Anda menelusuri mata air ini maka akan terlihat sebuah batu yang sangat besar menutupi sumber air sehingga terbentuk sungai kecil yang mengalir melewati sebelah kanan curug tersebut. Selain itu, lokasi Curug Cigumawang juga sering dijadikan tempat untuk berbagai kegiatan seperti outbondcamping, dan juga panjat tebing.

Asal Mula Curug Cigumawang

Asal mula nama Curug Cigumawang berasal dari bahasa sunda yang artinya bawang. Hal ini dikarenakan pada tahun 1970-an, penduduk setempat yang tinggal di dekat curug ini melihat debit air yang jatuh membentuk bawang, sehingga disebut Cigumawang. Beberapa mitos disana menyebutkan, jika sepasang kekasih datang ke Curug ini maka dipastikan akan menikah. Bukan itu saja, air Curug Cigumawang juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Akses Menuju Curug Cigumawang

Jika Anda berangkat dari kota Serang, maka Anda harus menempuh jarak 25 kilometer menuju arah Ciomas atau kurang lebih 5 kilometer ke arah barat menuju lokasi Pemandian Air Cirahab. Sedangkan untuk Anda yang berangkat dari Jalan Raya Cinangka maka Anda harus menempuh jarak 10 kilometer ke arah selatan. Namun, untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, maka anda bisa berangkat dari kota Serang dan menempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Anda bisa mengambil pintu masuk melalui pasar Padarincang.

Sedangkan untuk Anda yang menggunakan kendaraan umum dari kota Serang, maka Anda bisa berangkat dari Terminal Pakupatan Serang, kemudian naik angkot dengan jurusan Kebon Jahe, angkotnya berwarna biru. Kemudian, naik angkot lagi jurusan Pasar Padarincang yang angkotnya berwarna kuning. Setelah sampai di Pasar Padarincang, maka dilanjutkan jalan kaki melewati pematang sawah, kemudian menyeberangi sungai dan menuju lokasi Curug Cigumawang kurang lebih 1 kilometer.

Harga Tiket Curug Cigumawang

Harga tiket masuk ke dalam Curug Cigumawang yaitu Rp2500 per orang, sedangkan untuk biaya parkir sekitar Rp3000. Namun, karena lahan parkirannya belum ada, maka area parkirannya berada di dekat rumah warga sekitar. Curug Cigumawang memiliki fasilitas umum yang lengkap seperti mushola, perkemahan, warung, toilet dan juga ruang ganti. Sayangnya, kebanyakan fasilitas umum ini masih kurang terawat. Selain itu, jalur menuju lokasi Curug Cigumawang masih belum diaspal sehingga Anda mesti berhati-hati ketika menelusuri jalur ini.

Source https://www.bantennews.co.id https://www.bantennews.co.id/curug-cigumawang-objek-wisata-air-terjun-di-banten/
Comments
Loading...