Warning: unlink(/tmp/d444b0c5dce3bde2702f8c5694eb514d-WQtm7q.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Curug Bu’ud Wisata Alam di Sumedang

0 212

Curug Bu’ud

Curug Bu’ud ini adalah salah satu wisata alam air terjun yang berada di Kabupaten Sumedang. Sumedang adalah salah satu kabupaten yang bersebelahan langsung dengan Bandung. Dan Curug Bu’ud ini juga letaknya tak jauh dari pusat kota/Alun-alun Kota Sumedang. Curug Bu’ud ini tidak terlalu tinggi, yaitu hanya sekitar 6 meter. Namun, air terjun ini memiliki panjang yang cukup lebar, yaitu panjang sekitar 35 meter. Curug Bu’ud yang memiliki keunikan yaitu bentuknya yang melebar dan luas. Karena kesamaannya yang memiliki ukuran yang lebar dan luas, maka banyak yang menyebut air terjun ini sebagai “Niagara from Sumedang”.

Lokasi Curug Bu’ud

Secara administratif, Curug Bu’ud ini berlokasi di Desa Sukatani, Kecamatan Tanjungmedar, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Asal Usul Curug Bu’ud

Asal usul dari penamaan air terjun ini memiliki cerita yang unik. Kebanyakan dari tempat wisata alam seperti danau dan air terjun memiliki nama karena memiliki cerita rakyat atau karena diambil dari nama daerah tersebut. Sebut saja Situ Bagendit yang berasal dari cerita rakyata atau Curug Cimahi yang berasal dari nama daerah dimana air terjun itu berada. Hal lain dari air terjun ini. Curug Bu’ud ini memiliki singkatan, yaitu “Badan Usaha Unit Desa”, yang disingkat menjadi Bu’ud. Hal itu karena air terjun ini berada tepat dibelakang sebuah kantor usaha unit desa yang berada di Desa Sukatani. Lambat laun karena pelafalan yang berbeda, banyak masyarakat yang menyebut air terjun ini sebagai Curug Buhud.

Akses Menuju Curug Bu’ud

Untuk menuju Curug Bu’ud ini, tinggal menuju Kecamata Tanjungmedar. Sebelum SD Sukatani ada jalan menurun di area kebun warga. Biar lebih mudah, silakan gunakan GPS di smartphone baraya, Lihat peta lokasi Curug Bu’ud/Curug Buhud di sini. Untuk yang bawa kendaraan bermotor mampu parkir di bersahabat kanal ke curug dan menitipkan pada penduduk setempat. Untu Harga Tiket masuk sangat murah meriah untuk bisa menikmati semua keindahan dari air terjun yang berpredikat sebagai “Niagara” ini. Pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar 2.000 rupiah/orang. Biaya lainnya yang harus dikeluarkan adalah biaya parkir sebesar 2.000 rupiah/motor, serta 5.000 rupiah/mobil.

Source Jalan Wisata nglancong
Comments
Loading...