Curug Bentang Wisata Alam di Subang

0 178

Curug Bentang

Curug Bentang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di perbatasan Desa Sanca dan Cibitung. Selain itu tidak jauh dari lokasi juga terdapat Curug Cibareubeuy di Desa Cibeusi. Kedua Curug ini masuk dalam kawasan Desa Wisata Wangun Harja. Setiap tahunnya di desa wisata ini diadakan acara pesta rakyat yaitu Ruatan Bumi. Ruatan Bumi adalah salah satu upacara adat masyarakat agraris yang sampai saat ini masih dilaksanakan oleh masyarakat Subang, tepatnya di Kampung Banceuy Wangun Harja.

Ruatan berasal dari kata rawat atau merawat yang artinya mengumpulkan seluruh masyarakat kampung serta hasil bumi, baik yang masih mentah maupun yang sudah diolah. Upacara Ruatan Bumi dilaksanakan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan YME atas keberhasilan hasil pertanian dan sebagai tolak bala serta ungkapan penghormatan terhadap nenek moyang mereka yang telah berjasa meningkatkan taraf hidup di Kampung Banceuy tersebut. Acara Ruatan Bumi di Kampung Banceuy ini telah dilaksanakan sejak tahun 1800 Masehi.

Lokasi Curug Bentang

Lokasi Curug Bentang ini terletak di Kampung Banceuy, Desa Sanca, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat.

Aksesbilitas Curug Bentang

Berjarak sekitar 30 km dari pusat Kabupaten Subang, 32 km dari Bandung, atau 185 km dari Jakarta (melalui Tol Jakarta-Cikampek). Dari Subang atau Bandung, lokasi itu bisa ditempuh selama 40-60 menit perjalanan darat melalui Desa Palasari, Sarireja, atau Kasomalang di Kecamatan Jalan Cagak.

Jalan masuk ke curug ini tidak jauh dari Ciater Highland Resort, hanya sekitar beberapa puluh meter saja ke kanan di Palasari. Dari belokan di Palasari ini lanjutkan ke arah desa Sanca. Kondisi jalan dari Palasari ke Sanca relatif bagus hanya ada beberapa ruas jalan yang rusak akan tetapi masih bisa dilalui oleh kendaraan. Jarak dari belokan tersebut sekitar 4 km hingga ke Desa Sanca. Petunjuk arah (berpatokan pada Kampung Adat Banceuy dan Obyek Wisata Wangunharja) sangat minim sehingga harus banyak bertanya ke penduduk setempat.

Setelah sampai di Sanca, di gerbang tiket masuk, lokasi curug tidaklah jauh hanya sekitar 1 km saja jaraknya. Selanjutnya perjalanan ke lokasi curug dari pintu gerbang ini dilakukan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang menurun.

Harga Tiket Curug Bentang

Tiket masuk adalah Rp 5000 per orang. Tersedia beberapa warung penjual makanan di dekat pintu gerbang masuk curug. Selain itu didalam area wisata ini tidak jauh dari gerbang masuk ada beberapa villa penginapan sederhana yang disewakan bagi pengunjung untuk menginap.

Source Jalan Wisata wisata air terjun
Comments
Loading...