Curug Balong Endah, Wisata Alam di Bogor

0 94

Curug Balong Endah

Curug Balong Endah merupakan salah satu wisata alam yang berlokasi di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Curug Balong Endah baru dibuka pada Desember 2016 lalu. Karena masih baru, masih sedikit wisatawan dari luar Bogor yang tahu dan datang ke Curug Balong Endah. Jika kamu ingin berkunjung ke Curug Balong Endah kamu bisa dari arah Jakarta via Dramaga atau Ciampea.

Ketika ada pertigaan, kamu bisa belok kiri dan mengikuti jalan lurus terus hingga jalan utama menuju Gunung Bunder. Dari situ akan ada pintu masuk Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Apabila kamu sudah mulai memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, maka kamu akan melewati 4 kawasan curug lainnya yaitu Curug Ciherang, Curug Ngumpet 1, Curug Pangeran, dan Curug Goa Lumut. Setelah melewati keempat curug tersebut, barulah kamu akan menemukan pintu masuk Curug Kondang di sebelah kiri. Dari situlah kamu akan menemukan pintu masuk ke Curug Balong Endah.

Harga Tiket Curug Balong Endah

Apabila kamu ingin berkunjung ke Curug Balong Endah kamu harus membayar tiket 3 kali. Tiket pertama dibayar ketika masuk ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak sebesar 25 ribu dengan rincian 10 ribu per orang dan 5 ribu premotor. Tiket kedua dibayar ketika kamu masuk ke Curug Kondang sebesar 25 ribu dengan rincian 10 ribu per orang dan 5 ribu per motor. Tiket ketiga adalah Rp 7.500 untuk masuk ke Curug Balong Endah.

Rute Menuju Curug Balong Endah

Curug Balong Endah biasanya hanya buka ketika hari weekend alias Sabtu dan Minggu. Namun jika kamu datang ketika hari biasa, kamu bisa nego untuk tetap masuk dan mengunjungi Curug Balong Endah. Ada 2 jalur yang bisa kamu lalui jika ingin mengunjungi Curug Balong Endah. Jalurnya adalah jalan setapak dan trekking. Jalur trekkingnya cukup ekstrim karena licin dan bertebing. Ketika jalan di situ, kamu bisa menemukan curug lain lagi yang belum diberi nama.

Jika kamu sudah sampai di Curug Balong Endah, kamu akan melihat pemandangan yang sangat indah dan suara air yang mengalir. Airnya jernih dan di sebelah sisi dan kanan curug terdapat kolam dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Kolam yang paling dalam ada di dekat air terjunnya yaitu sedalam sekitar 2 meter. Lokasi ini sangat baik untuk digunakan sebagai spot foto. Selain itu, kalau sudah di Curug Balong Endah, memang paling pas jika kamu berenang sambil mengeksplor lebih daerah sekitar situ. Kamu bisa melihat water trek yang keren.

Tips Berwisata Curug Balong Endah

Tips penting bagi kamu yang ingin berkunjung ke Curug Balong Endah adalah, kamu harus datang sedini mungkin. Karena jika kamu datangnya terlalu siang, nanti akan semakin banyak pengunjung yang datang. Selain itu, kamu tak perlu khawatir lapar karena ada ibu-ibu pedagang nasi uduk dan kopi hangat.

Source http://bandung.panduanwisata.id http://bandung.panduanwisata.id/curug-balong-endah-panduan-wisata-ke-curug-balong-endah-bogor/
Comments
Loading...