Curug Badrun dan Kedung Badrun Wisata Alam Blitar

0 200

Curug Badrun

Curug Badrun dan Kedung Badrun merupakan salah satu wisata alam yang terletak sungai perbatasan antara Desa Tumpakoyot dan Desa Bululawang, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Belum banyak orang yang mengenal atau tau keberadaan Curug ini. Meskipun begitu akses menuju Kedung Badrun cukup mudah, dikarenakan berdekatan dengan beberapa wisata yang sudah terkenal seperti Monumen Trisula, Air Terjun Tirto Galuh (Kedung Malang), Curug Muncar dan Pantai Pasur.

Rute menuju Curug Badrun atau Kedung Badrun jika dimulai dari Kota Blitar silakan menuju Kademangan diteruskan menuju Kecamatan Bakung atau bisa mengikuti arahan ke Monumen Trisula. Setelah melewati Monumen Trisula anda akan menemukan arahan ke Air Terjun Tirto Galuh (sebagai catatan, arahan Air Terjun Tirto Galuh bukan arahan yang tertulis besar seperti arahan Monumen Trisula melainkan arahan yang berupa papan kayu dari swadaya masyarakat). Jika sudah melewati Air Terjun Tirto Galuh anda tinggal mengikuti jalan dan nanti akan menemukan banner bertuliskan Curug Muncar. dari banner itu anda belok kanan, setelah itu anda akan menjumpai banner Curug Muncar lagi, disitulah pintu masuk Curug Muncar.

Dari banner Curug Muncar yang terakhir anda terus saja mengikuti jalan sekitar 700 m lagi anda akan menemukan parkiran kecil di kanan jalan setelah turunan, anda bisa parkir disitu lalu turun kesungai, karena parkiran memang dekat sama sungai, setelah turun kesungai anda tinggal ikuti arus sungai dan anda bisa menemukan Curug Badrun. Kondisi jalan bermacam macam, dimulai dari aspal hotmix berlanjut ke aspal rusak, jalan cor, dan jalan tanah berbatu. Untuk jalan tanah berbatu tidak terlalu panjang, mungkin sekitar 500 m mendekati Curug Muncar. Curug Badrun terdiri dari Curug yang bertingkat dan kedung di bawanya. ketinggian Curug sekitar 8 m dan lebar kedung sekitar 10 m lebih, cukup buat renang rame rame. Di Curug Badrun suasananya sejuk, tidak terlalu panas, cocok lah buat istirahat.

Untuk turun ke kedungnya anda bisa mencari di sekitar pinggiran tebing,kenapa saya bilang begitu, karena memang tidak ada jalan turun yang recomended jika anda dari Curugnya. Jalan turun dari Curug licin banget, harus hati hati jika anda nekat. Kalau anda pengen renang di kedungnya, dihimbau bagi yang bisa renang saja, karena kedungnya dalem banget, tidak ada jalan naik dari pinggiran kedung, adanya di ujung kedung. Di daerah sungai Blitar selatan memang berpotensi ditemukan Curug Curug atau kedung, karena memang karakteristik di daerah blitar selatan memang begitu, namun belum banyak orang mengetahui potensi tersebut. 

Source http://www.maringetrip.com http://www.maringetrip.com/2015/10/curug-kedung-badrun-blitar.html
Comments
Loading...