Coppo Tille Destinasi Para Pendaki

0 81

Coppo Tille

Mendaki Coppo Tille untuk yang kesekian kalinya seakan tak ada kata bosannya. Gunung dengan lembah yang dipenuhi dengan hamparan rumput tebal dengan panorama alamnya seakan-akan selalu memanggil bagi yang bernaluri pencinta alam. Gunung ini merupakan gunung tertinggi yang ada di Kabupaten Barru. Coppo dalam bahasa Bugis berarti Puncak dan Tille adalah sebuah nama kampung yang berada dilembahnya. Berada pada ketinggian kurang lebih 1000 meter dari permukaan laut. Terletak di perbatasan Kecamatan Tanete Riaja dengan kecamatan Pujananting.

Medan yang harus ditempuh untuk sampai ke puncak ini terbilang menanjak. Rute untuk sampai ke puncak bisa melewati via kampung Lappa dare atau kampung Tille di sebelah selatan sisi gunung Coppo Tille. Namun kebanyakan pendaki biasanya untuk mendaki melalui jalur kampung Lappadare ini dan untuk pulangnya melewati jalur kampung Tille .Para pendaki yang ingin mencoba pengalaman lain ketika selesai menaklukkan gunung ini bisa meneruskan perjalanan ke Wae Lato. Sebuah destinasi air terjun yang berada pada bibir bukit dan persawahan. Untuk perjalanan pendakian yang dimulai dari Lappa dare melalui kebun penduduk yang berada disebelah timur.

Area ini langsung menanjak namun jalan setapak yang berkelok- kelok sedikit memudahkan pendaki .Kiri kanan jalan setapak ini ditumbuhi aneka pepohonan yang lazim dijumpai di daerah beriklim tropis. Selepas rute jalan setapak ini akan dijumpai persawahan penduduk yang bertingkat-tingkat. Untuk sampai ke areal persawahan ini sangat menanjak cukup membuat para pendaki kecapean dan memutuskan istirahat sejenak sebelum pendakian yang sebenarnya. Disini akan dijumpai mata air berupa sungai-sungai kecil yang berbatu yang tampaknya mulai mengering pengaruh panas di bulan Mei,kenyataan beberapa minggu ini hujan sudah tak turun lagi. Dipastikan untuk bulan ke depannya akan mengering dengan sendirinya.

Source https://www.kompasiana.com https://www.kompasiana.com/lawise/54f70512a3331197238b459f/coppo-tille-destinasi-para-pendaki
Comments
Loading...