Coban Tengah Wisata Alam di Kota Malang Jawa Timur

0 113

Coban Tengah

Coban Tengah merupakan salah satu wisata alam sebuah air terjun yang terletak lebih tinggi ke arah hulu dari Coban Rondo dan di bawah dari Coban Manten. Tidak banyak yang tahu bahwa di kawasan ini terdapat tiga buah air terjun yaitu Coban Manten, Coban Tengah (atau dikenal dengan nama Coban Dudo) dan yang terkenal yaitu Coban Rondo. Konon, ketiga air terjun itu terkait dengan suatu cerita legenda masyarakat setempat tentang asal muasal air terjun tersebut. Coban Ibi berada di Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur 65391.

Untuk mencapai Coban Tengah harus ditempuh dengan berjalan kaki karena medannya tidak bisa dilalui dengan kendaraan. Jadi, untuk ke sana dibutuhkan stamina yang prima karena medannya yang cukup berat. Sebaiknya bila berkunjung ke Coban Tengah dilakukan tidak pada musim penghujan. Walaupun menawarkan pemandangan yang sangat indah akan tetapi medannya akan semakin sulit. Arus sungai menjadi semakin deras dan meluap sampai ke permukaan.

Rute Menuju Coban Tengah

Untuk menuju Coban Tengah, perjalanan bisa dimulai dengan melalui jalur menuju Coban Manten yaitu jalur sebelah Hotel Coban Rondo. Jalannya masih berupa jalan setapak yang cukup lebar dengan dilingkupi hutan pinus yang berada di sisi kanan kirinya. Dari sini, kita berjalan sekitar 15 menit sampai akhirnya terdapat dua rumah dinas milik Perum Perhutani. Di dekat rumah tersebut terdapat sebuah pertigaan, jalur sebelah kiri menuju.

Coban Manten dan jalur sebelah kanan akan menuju Coban Tengah. Di sepanjang jalan setapak ini tidak terlihat adanya petunjuk arah menuju ke Coban Manten maupun Coban Tengah. Ambil jalur ke kanan dan berjalan sekitar 30 menit menuju pipa biru-kuning yaitu pipa yang menyalurkan air menuju ke tempat penyimpanan air Pujon di kompleks Coban Rondo. Dari pipa ini nantinya akan mengambil jalur bawah. Selanjutnya berjalan lagi sekitar 45 menit dan akan bertemu dengan sungai kecil yang sangat jernih.

Keindahan Coban Tengah

Coban Tengah memiliki pemandangan yang luar biasa. Ketinggian Coban Tengah sekitar setengah dari Coban Rondo atau sekitar 50 meter. Airnya jatuh bebas dan deras menciptakan kolam di bawahnya. Kita bisa berjalan mengitari ataupun ke balik air terjun karena aksesnya mudah tetapi harus berhati-hati karena batu-batu sungai yang licin.

Lingkungan sekitar yang masih alami menjadi penyejuk sepanjang mata memandang. Airnya sangat dingin tapi tetap segar dan sangat menarik. Anda bisa menyempatkan berenang di Coban Tengah ini, tetapi airnya dipastikan terasa sangat dingin. Air Terjun Coban Dudo ini terlihat begitu sangat sepi karena medan menuju coban ini bisa dikatakan lumayan berat. Hanya beberapa orang yang bisa sampai di coban ini, kebanyakan dari penikmat alam seperti pramuka, pecinta alam atau pendaki gunung.

Source http://ngalam.id http://ngalam.id/read/3897/wanawisata-coban-tengah/
Comments
Loading...