China Town, Makassar

0 96

China town adalah aktivitas yang tidak pernah membosankan. Selain sebagai daerah hunian etnis Tionghoa, pecinan juga menjadi destinasi wisata. Tak heran jika semua kawasan di Indonesia mempunyai China town yang terus diperlihara keaslian dan keindahannya. Hal itu juga yang bisa kita lihat saat berlibur di Makassar. Di kota ini berdiri sebuah China Town yang terletak di tengah kota.

Kawasan pecinan ini terbagi kedalam dua wilayah kecamatan yakni Kecamatan Wajo dan Kecamatan Ujungpandang. Tak sulit menemukan kawasan pecinan ini karena gerbang utamanya hanya berjarak 400 meter dari pusat kota Makassar yakni lapangan Karebosi. Lokasi pecinan ini juga tidak jauh dari objek wisata benteng Fort Rotterdam dan pantai Losari. Tepatnya di seputaran jalan Ahmad Yani.

China town di Makassar ini memiliki sejarah cukup panjang. Tersebutlah pada jaman dinasti Ming sekitar abad 16, ada orang China yang berkunjung ke pesisir pantai selatan di seputaran Benteng Rotterdam untuk berdagang. Seiring dengan perkembangan usaha mereka pun akhirnya menetap dan membentuk komunitas di kawasan tersebut.

Jika Anda mengunjungi pecinan ini, kita akan menjumpai bangunan tua peninggalan Cina yang kini menjadi gedung Akademi Perpajakan di seputaran jalan Lembeh. Anda juga bisa melihat klenteng Ibu Agung Bahari yang sempar terbakar dan kini dibangun kembali. Tidak hanya itu, Anda juga harus merasakan sensasi berbelanja di pasar Pecinan yang merupakan pasar tradisional. Pasar ini sangat ramai menjelang Tahun Baru Imlek dan menjadi jujugan warga sekitar untuk membeli kebutuhan rumah tangga.

Jika ingin mengunjungi destinasi wisata ini, sebaiknya bersamaan dengan perayaan Imlek dan Cap Go Meh karena ada karnaval yang menjadi agenda tahunan yang menjadi daya tarik wisata. Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa menumpang angkutan umum, taksi ataupun becak. Selain pecinan, objek wisata lainnya di kota Makassar adalah Makam Pangeran Diponegoro, Monumen Korban 40.000 dan Monumen Mandala.

Source http://panduanwisata.id http://panduanwisata.id/2013/02/17/jalan-%E2%80%93-jalan-ke-china-town-makassar/
Comments
Loading...