Candi Pringapus, Wisata Bersejarah Temangung Jateng

0 133

Candi Pringapus

Candi Pringapus merupakan salah satu wisata bersejarah situs candi yang ditemukan di daerah Ngadirejo Temanggung. Keberadaan candi ini cukup dikenal oleh masyarakat setempat dan sering digunakan untuk wisata sejarah oleh sekolah-sekolah yang ada di dekatnya. Candi Pringapus tergolong candi berukuran kecil yang kondisinya masih utuh. Saat pertama kali ditemukan situs ini hanya terdiri dari satu bangunan candi utama yang di dalamnya terdapat arca nandi.

Lokasi Candi Pringapus

Candi Pringapus terletak di desa Pringapus, kecamatan Ngadirejo, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Candi ini pertama kali dikenal oleh peneliti asing yaitu Junghuhn tahun 1844, tulisan lainnya oleh Hoopermans pada tahun 1865 dan Veth pada tahun 1878. Deskripsi agak lengkap pada tulisan Knebel tahun 1911/1912. Selanjutnya pada tahun 1930 Dinas Purbakala melakukan pemugaran terhadap Candi Pringapus.

Sejarah Candi Pringapus

Candi Candi Pringapus dibangun pada tahun tahun 772 C atau 850 M. Menurut prasasti yang ditemukan di sekitar candi, ditemukan bahwa diadakan restorasi pada tahun 1932. Candi ini merupakan replika Mahameru, nama sebuah gunung tempat tinggal para dewata. Hal ini terbukti dengan adanya hiasan antefiks dan relief Hapsara-hapsari yang menggambarkan makhluk setengah dewa. Candi Pringapus merupakan candi yang menggunakan tataletak pola Jawa Tengah. Pola yang terlihat adalah adanya candi induk (Candi Perwara), yang telah direkonstruksi (menghadap ke timur), yang di dalamnya terdapat arca Nandi. Sementara itu, di sekitar candi terdapat banyak batu bagian dari bangunan-bangunan lain di kompleks candi ini.

Keunikan Candi Pringapus

Keunikan dari candi Pringapus adalah relief-reliefnya yang masih utuh terlihat jelas serta karakteristik unik yang dimiliki menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan. Biasanya wisatawan asing yang banyak berkunjung berasal dari Belgia, Amerika serikat, dan juga Belanda.

Baik pada musim liburan sekolah maupun pada saat tanggal libur banyak wisatawan baik dari dalam kota, luar kota, maupun mancanegara memadati tempat wisata ini. Selain oleh masyarakat, banyak juga murid-murid sekolah melakukan wisata belajar ke daerah candi.

Rute Menuju Candi Pringapus

Lokasi Candi Pringapus berada di wilayah utara Kabupaten Temanggung. Rute menuju situs Candi ini dari pusat kota Temanggung menuju ke arah utara menuju Parakan. Dari Parakan pilihlah jalur menuju ke arah Ngadirejo sebagai jalan utama menuju ke Jalur Pantura. Sebelum tiba di area pasar Ngadirejo ada sebuah jalan kecil ke kiri memasuki kawasan pemukiman penduduk. Ikuti jalan tersebut hingga ujung pemukiman dan akhirnya tiba di area candi.

Source wisata wikipedia
Comments
Loading...