Candi Pendem – Wisata di Magelang Jawa Tengah

0 92

Candi Pendem

Candi Pendem merupakan salah satau kawasan wisata sejarah dari peninggalan Candi kategori agama Hindu yang terletak di Dusun Candi Pos Sama seperti candi Asu, candi ini pintu masuknya menghadap ke barat. Bukti Candi pendem merupakan candi Hindu, salah satunya dengan relief “Gana” di beberapa sisi Candi.

Sejarah Candi Pendem

Dari dulu hingga sekarang, mayoritas penduduk Desa Sengi adalah petani. Kepercayaan pada leluhur yang dominan, membuat tradisi ‘nenepi’ masih kuat. Mereka biasa meminta gambaran atas pekerjaan yang dilakukan, yaitu bertani. Kepercayaan umum adalah jika melihat pohon rindang, maka padi akan tumbuh subur dan laku dijual. Sebaliknya, jika pohon gundul dan tidak berdaun, mereka harus berhati-hati karena sudah ada ‘warning’. Langkah terbaik, adalah merubah strategi agar tidak terjebak pada kerugian. Terkait nama prasasti yang ditemukan, bernama Salingsingan. Karena pergeseran penyebutan lafal dan nama, penduduk setempat menyebut dengan nama Tlingsing. Kebetulan, di dekat candi memang ada Sungai Tlingsing.

Akses Candi Pendem

  1. Candi Pendem berada sekitar 100 meter dari Candi Asu. Letak candi ini berada di belakang Dusun Candipos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun.
  2. Letaknya berada di tengah sawah. Untuk mencapainya, harus berjalan kaki, menyusuri pematang sawah yang berliku-liku.
  3. Agar tidak bingung, mintalah bantuan masyarakat setempat atau juru kunci, karena tidak ada satupun papan petunjuk ke lokasi. Apalagi dari kejauhan, tidak kelihatan ada candi, karena letaknya yang lebih rendah dari sawah-sawah di sekitarnya.

Tips Candi Pendem

  1. Sebaiknya membawa sandal atau sepatu yang khusus untuk berjalan-jalan di sawah.
  2. Jangan lupa pakaian lapangan dan topi untuk menutup kepala. Sehingga perjalanan menikmati candi ini lebih nyaman.
Source wisata magelang
Comments
Loading...