Candi Kayen Eksotisme Sejarah Pati Jawa Tengah

0 214

Wisata Bersejarah Candi Kayen

Candi Kayen adalah sebuah bangunan kuno yang terdapat di Dusun Miyono cagar budaya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh badan arkeolog, bangunan berbentuk candi yang terbuat dari bata merah tersebut dibangun pada abad ke 8 Masehi.

Seperti candi pada umumnya, Candi Kayen juga berada di tengah persawahan dan berdekatan dengan Makam Jati Kembar Ki Gede Miyono. Penelitian dan penggalian situs candi kayen ini dimulai sejak tahun 2011 lalu dan berakhir tahun 2015. Saat ini di sekeliling Candi kayen diberi pagar pembatas untuk melindungi cagar budaya yang bernilai sejarah tersebut.

Bahkan saat ini di sebelah Candi Kayen telah dibangun musholla yang dapat digunakan para petani untuk sholat berjamaah. Pemuka agama setempat tidak ingin dengan ditemukannya situs cagar budaya tersebut justru membawa masyarakat ke lembah kesyirikan.

Lokasi Candi Kayen

Candi Kayen yang ditemukan berada di Dusun Miyono atau Mbulloh, Desa Kayen, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia terletak di koordinat 111”00’12,4″ Bujur Timur 06”54’24,7″ Lintang Selatan dengan elevasi/dpl 37 meter berada di dataran aluvial yang cukup datar dan luas.

Hal tersebut ditandai dengan pemanfaatan lokasi sebagai pemukiman dan persawahan. Kondisi wilayahnya cukup subur dengan didukung adanya Sungai Sombron yang berhulu di Pegunungan Kendeng dan bermuara di Sungai Tanjang Pati.

Source wisata pati
Comments
Loading...