Candi Gana Warisan Dunia yang Tersembunyi

0 214

Candi Gana

Candi Gana merupakan salah satu kawasan sejarah adalah candi Buddha yang berkedudukan sebagai subordinat, menjadi bagian dari Candi Sewu sebagai superdinat atau pusatnya dan membentuk sebuah konsep mandala dalam agama   Buddha.  Candi Gana dibangun sekitar abad IX M diketahui berdasarkan bentuk perbingkaian kaki dan bawah tubuh candi yaitu bingkai belah rotan dan sisi genta. Bentuk-bentuk belah rotan dan sisi genta merupakan tanda-tanda bangunan yang dibangun pada abad IX M saat Mataram kuno diperintah oleh dinasti Syailendara.

Lokasi Candi Gana

Reruntuhan Candi ini berada di sebelah timur candi sewu yaitu di Dk.Bener, Ds.Bugisan, Kec.Prambanan, Kab.Klaten, Jawa Tengah, Indonesia.

Sejarah Candi Gana 

Candi Gana merupakan salah satu dari 4 buah candi yg mengelilingi Candi Sewu. Tepatnya candi ini berada di sebelah timur Candi Sewu. Latar belakang sejarah caandi ini diperkirakan bercorak Buddha yaitu dengan adanya susunan batu yg disusun membentuk stupa. Candi ini sudah diketahui sejak jaman belanda dan upaya untuk pemugaran kembali candi ini cukup sulit dikarenakan sudah banyak batu2 candi yg hilang. Oleh masyarakat sekitar candi ini disebut juga Candi Asu dikarenakan ada arca yg berbentuk binatang menyerupai seekor anjing.

Peninggalan yang tersisa di Candi Gana

Kondisi candi gana hanya tinggal reruntuhan batu saja, tetapi batu2 tersebut sudah dikelompokkan. Candi ini memiliki banyak relief dan arca yang berhubungan dengan binatang. Ada sebuah arca tanpa kepala yang merupakan dekorasi sebuah talang air. Arca tersebut berwujud seperti burung, kemungkinan arca tersebut berupa kinara-kinari.

Apabila menggunakan angkutan umum bus :

  • Dari Jogja, anda bisa naik bus jurusan Solo. Kemudian turun di lampu merah pintu masuk Candi Prambanan. Setelah turun kemudian jalan kaki atau naik delman atau juga bisa naik becak ke arah kiri atau menyusuri jalan Candi Sewu. Setelah berjalan kurang lebih 1 km atau tepatnya depan Candi Sewu ada jalan kecil ke kanan lalu anda belok kekanan dan jalan kaki sekitar 100 meter (sepeda motor, becak dan pejalan kaki yang bisa masuk).  Nah sudah sampailah di Candi Gana dan posisi Candi ada sebelah kiri.
  • Dari Solo, nda bisa naik bus jurusan Jogja. Kemudian turun di lampu merah pintu masuk Candi Prambanan. Setelah turun kemudian jalan kaki atau naik delman atau juga bisa naik becak ke arah kanan atau menyusuri jalan Candi Sewu. Setelah berjalan kurang lebih 1 km atau tepatnya depan Candi Sewu ada jalan kecil ke kanan lalu anda belok kekanan dan jalan kaki sekitar 100 meter (sepeda motor, becak dan pejalan kaki yang bisa masuk) sekitar 100 meter. Nah sudah sampailah di Candi Gana dan posisi Candi ada sebelah kiri.
Source wisata klaten
Comments
Loading...