Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-4m3mTB.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Candi Bima Bangunan Candi yang Unik di Jawa Tengah

0 133

Candi Bima Dieng

Candi Bima Dieng merupakan salah satu candi terbesar yang ada di kawasan purbakala Dieng. Candi ini memiliki struktur bangunan dan ukuran candi yang berbeda dengan candi-candi Dieng lainnya. Gaya arsitektur dari dasar hingga ujung candi lebih cenderung bergaya ala candi-candi yang berasal dari India. Ada satu hal unik dari Candi Bima Dieng yaitu memiliki arca kudu di setiap sisi dindingnya yang selalu menyimbolkan kemegahan dari salah satu candi terbesar di Dieng ini.

Lokasi Candi Bima Dieng

Lokasi Candi Bima Dieng terletak di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia.

Akses Lokasi Candi Bima Dieng

Untuk mengunjungi Candi Bima sangatlah mudah, Candi Bima Dieng terletak masih di area obyek wisata Dieng lainnya, tepatnya di samping sebelum pintu masuk menuju obyek wisata Kawah Sikidang Dieng dan tidak jauh dari Telaga Warna maupun Dieng Theater. kalau dari telaga warna akan melewati pertigaan, ke kanan menuju Kawah sikidang, candi bima, sedangkan ke kiri menuju Dieng Theater. belok ke kiri sampai menemukan pertiagaan lagi, ke kiri menuju Kawah sikidang sedangkan lurus menuju Kompleks candi Arjuna. Lokasi Candi di sebelah pertigaan tersebut.

Sedangkan tidak dipungut biaya untuk tiket masuk ke dalam Candi Bima ini, dan juga tidak dipungut juga retribusi parkir. dan meskipun untuk masuk ke dalam lokasi candi ini tidak berbayar dan paket yang murah meriah, para pengunjung diharapkan menjaga dan merawat kebersihan lokasi candi ini. dikarenakan usia Candi Bima Dieng memanglah sudah sangat tua dan lebih dari 1000 tahun silam dan sudah banyak terjadi Lubang dan pergeseran antara batuan candi yang disebabkan oleh getaran vulkanik maupun Gempa atau faktor usia. para pengunjung diharapkan menjaga kelestarian dari Candi ini dengan mematuhi peraturan yang telah di buat, tidak mencoret di bebatuan candi maupun memanjat dinding Candi.

Source wisata banjarnegara
Comments
Loading...